Alasan NasDem Ngebut Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024: Sederhana, Lihat Cahaya Bulan Bintang
Deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres 2024 NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin, 3 Oktober. (Tsa Tsia- VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024 NasDem sedianya digelar pada 10 November mendatang. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, deklarasi Senin, 3 Oktober, dikebut lantaran dinilainya hari ini hari baik.

"Kenapa hari ini, saya melihat ini hari baik. Sederhana. Lihat cahaya bulan bintang. Hari-hari baik," kata Surya saat mendeklarasikan Anies sebagai capres di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Lagipula, tak banyak birokrasi yang harus dijalani NasDem untuk menyampaikan kebijakan partai ke publik. Surya mengatakan pihaknya hanya perlu melaksanakan musyawarah.

Lebih lanjut, Surya juga menegaskan percepatan pengumuman ini bukan karena dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E tengah diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia memastikan proses hukum yang berjalan dengan keputusan partai berjalan terpisah.

"Saya sungguh-sungguh tidak melihat hubungan NasDem, pencalonan Anies, dan KPK. Semua berjalan masing-masing," tegasnya.

"Jadi hari ini kita mendeklarasikan capres resmi Partai NasDem. Terjadi bermacam-macam persepsi, ya, kan. Itulah hidup," sambung Surya.

Diberitakan sebelumnya, Anies sudah dideklarasikan sebagai calon presiden Partai NasDem. Terkait hal tersebut, dia mengaku siap menjadi capres Partai NasDem di Pilpres 2024.

"Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies usai dideklarasikan sebagai capres NasDem di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Sehingga, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

"Dengan memohon doa semua, insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan," ujarnya.

"Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah," sambung Anies.