Tertangkap Nelayan, Otoritas Oman Umumkan Penemuan Spesies Ikan Baru
Ilustrasi Oman. (Wikimedia Commons/Mostafameraji)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertanian, Perikanan dan Sumber Daya Air Oman pada Hari Selasa mendokumentasikan spesies ikan baru di perairan Oman.

Seorang nelayan Oman menangkap seekor escolar, anggota keluarga Gempylidae (snake mackerel), di lepas pantai Mirbat, Dhofar, baru-baru ini dan menyerahkannya kepada Direktorat Jenderal Penelitian Perikanan.

"Pencatatan dan dokumentasi ilmiah ini merupakan tambahan yang bagus untuk keanekaragaman hayati Oman," kata kementerian itu, melansir The National News 28 September.

Kementerian mengatakan, escolar, yang dapat tumbuh hingga lebih dari dua meter, adalah ikan berminyak yang berasal dari laut tropis dan beriklim sedang di seluruh dunia.

Kementerian berterima kasih kepada Asosiasi Nelayan Oman atas kerjasamanya dalam mendokumentasikan ikan, mendesak semua nelayan untuk melaporkan setiap spesies ikan baru yang mereka temui dan berkomunikasi dengan peneliti di lapangan.

Selain itu, kementerian juga mengeluarkan peringatan, daging kaya lilin escolar dapat menyebabkan keriorrhea, yang juga disebut gempylotoxism atau keracunan ikan gempylid.

"Gejalanya berkisar dari kram perut hingga buang air besar yang cepat, terjadi 30 menit hingga 36 jam setelah konsumsi," tukas kementerian itu.