LIPI Temukan Spesies Baru Bintang Laut, Kepiting dan Ikan di Perairan Selat Sunda
Spesies bintang laut baru (dok. Twitter LIPI)

JAKARTA - Sepanjang ekspedisi biodiversitas laut dalam selatan jawa (The South Java Deep Sea Biodiversity Expedition/SJADES) 2018, LIPI telah berhasil menemukan sejumlah biota laut baru. Setidaknya ada lima spesies baru yang telah ditemukan.

Dalam ekspedisi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Lee Kong Chian Natural History MuseumNational University of Singapore (NUS). Di mana para peneliti mengidentifikasi spesies bintang laut Dipsacaster fisheri dan Pteraster sjadenensis.

"Dua spesies baru bintang laut, dua spesies baru ikan, dan satu spesies baru kepiting di perairan Selat Sunda," tulis LIPI di captionnya, Jumat, 18 September.

Selain itu peneliti mengidentifikasi spesies ikan Platygobiopsis hadiatyae, ikan Chelidoperca flavolineata, kepiting Typhlocarcinops hadrotes. Biota-biota laut itu ditemukan di kedalaman 800 meter sampai 2.100 meter.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan ekspedisi 14 hari yang dimulai 23 Maret 2013 tersebut merupakan ekspedisi pertama yang dilakukan di laut dalam di selatan Jawa, Indonesia. Selama pelayaran ilmuwan LIPI dan NUS berhasil mengumpulkan lebih dari 12 ribu biota laut, termasuk ikan, spons, bintang laut, ubur-ubur, dan kepiting.

"Penemuan baru ini membuktikan laut Indonesia menyimpan keanekaragaman hayati yang begitu beragam, maka mari jaga laut kita selalu," tulis LIPI.