Bagikan:

JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengecam Kriss Hatta yang memacari anak di bawah umur. Pesinetron itu berpacaran dengan gadis berusia 14 tahun.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengkhawatirkan tindakan Kriss Hatta yang bisa dianggap wajar oleh publik meski mengglorifikasi kisah cinta beda usia hingga berjarak 20 tahun.

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia," kata Retno dalam keterangannya, Kamis, 29 September.

Retno juga menentang rencana Kriss Hatta yang ingin menikahi kekasihnya itu setelah lulus SMA. Dia bilang ada kemungkinan gadis tersebut akan dinikahkan saat usianya belum memenuhi syarat dalam Undang-Undang Perkawinan, yakni 19 tahun.

Hal ini juga, lanjut Retno, dikhawatirkan berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal, pemerintah pusat dan daerah sedang giat giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak.

"Publik figure harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," ujar Retno.

Semestinya, lanjut Retno, anak usia 13 sampai 15 tahun dibentuk sejak dini untuk menentukan kecenderungan terhadap minat dan karier yang akan mereka jalani biasanya

"Seharusnya orang tua mendukung ananda yang berusia 14 tahun ini untuk menggali potensinya, mendukung bakatnya, menfasilitasi kesempatan berkarir dan berkarya di masa muda. Bukan malah mengijinkan untuk menikah muda karena berpacaran dengan laki-laki yang jauh lebih tua darinya," tegas Retno.

Kriss Hatta menjadi kontroversi setelah mengaku sedang menjalin hubungan dengan anak 14 tahun. Pernyataan blak-blakannya itu justru menimbulkan kontra dari publik dan membuatnya dianggap pedofil.

Hal ini bermula dari sebuah penampilannya di sebuah acara. Kriss Hatta terbuka mengenai fakta tersebut bahkan ia merasa nyaman punya hubungan romansa dengan perempuan berjarak 20 tahun.

Katanya, hubungan itu juga diketahui orang tua sang kekasih. Namun Kriss tidak mau mengungkap siapa orangnya karena khawatir hubungannya menjadi kandas.