Kapolda Usul Titik Demo Dipindah ke Monas, Wagub DKI: Tidak Masalah
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/DOK VOI -Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi usulan Kapolda Metro Jaya soal pemindahan titik aksi demonstrasi ke dalam kawasan Monumen Nasional (Monas). Riza mengatakan Pemprov tidak mempermasalahkannya.

Terlebih, Polda Metro Jaya juga berencana untuk memfasilitasi sarana unjuk rasa dengan menyediakan panggung hingga perangkat suara (sound system) untuk peserta aksi.

"Pak Kapolda mengusulkan monas bisa menjadi salah satu tempat demo, saya kira itu usulan yang baik. Bagi Pemprov tidak ada masalah," kata Riza kepada wartawan, Sabtu, 24 September.

Yang jelas, Riza berpesan kepada masyarakat untuk menggelar aksi demo dengan suasana kondusif dan tidak melanggar ketertiban umum. Ia meminta penyampaian pendapat yang diutarakan tidak menghina siapapun.

"Kita tidak melarang orang menyampaikan pendapat. Namun yang kita minta agar tertib, teratur, tidak ada kata-kata yang menghujat, apalagi menghina presiden, pemerintah, siapa pun. Tidak boleh saling menyalahkan dan menyakiti. Apa pun persoalan bangsa, mari kita tangani dan atasi bersama," ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengusulkan lokasi untuk aksi unjuk rasa agar dipusatkan di Monas Barat Daya, Jakarta. Menurut Fadil, demonstrasi di Monas lebih kondusif dari yang biasanya digelar di Jalan Medan Merdeka Barat.

“Saya lihat Monas Barat Daya cukup luas. Ini bisa masuk 5 ribu sampai 6 ribu orang daripada kita harus demokrasi di jalan Medan Merdeka Barat. Jadi, arus lalu lintas ini tetap bisa lancar dari timur dari utara demikian juga arus lalu lintas dari selatan dan barat kalau kita melaksanakan demo di Silang Monas,” tutur Fadil saat acara silahturahmi bersama elemen masyarakat di Polda Metro Jaya, Kamis, 22 September 2022.

Fadil juga menyebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas yang bisa digunakan para massa jika melakukan unjuk rasa di Monas. Fasilitas itu mulai dari panggung hingga sound system.

"Saya akan buatkan panggung di sini buat temen-temen. Saya akan siapkan panggung di sini. Jadi saya sudah beli sound system dengan kekuatan 30 ribu watt," ungkap dia.