Lewat Teknologi <i>Face Recogniton</i>, Polisi Identifikasi Wajah dan Profil Pelaku Bentrokan di Manggarai
Aksi tawuran di Manggarai Tebet Jaksel/ Foto: Tangkap Layar

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Selatan tengah memburu kelompok masyarakat yang terlibat dalam aksi tawuran di underpass Manggarai, Tebet pada Minggu malam, 18 September.

Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Harun mengatakan, pihaknya tengah mengidentifikasi pelaku. Sejumlah foto dan video yang diabadikan di media sosial menjadi langkah awal penyelidikan.

"Kami dari kepolisian, akan secara tegas menindak perkara ini, beberapa video dan foto sudah ada di kami. Pelaku yang ada di sana juga akan diidentifikasi," kata Harun, 19 September.

Teknologi face recognition menjadi andalan polisi untuk mengindentifikasi pelaku dengan bermodalkan foto maupun video yang beredar di publik.

"Teknologi sekarang sudah bagus, ada pengenalan wajah atau face recognition. Jadi tanpa menanyakan ini siapa, ini siapa, bisa terdeteksi," ujar dia.

Bentrokan massa yang terjadi di underpass Manggarai, Tebet pada Minggu malam kemarin merupakan insiden ketiga dalam se-bulan ini.

Jumlah massa yang terlibat tawuran pada hari Minggu kemarin tampak lebih banyak dari kejadian serupa pada Sabtu, 20 Agustus dan Rabu, 14 September, pekan lalu.

Ke-3 peristiwa itu viral di media sosial. Dari video yang diabadikan itu terlihat para pelaku tawuran saling menyerang dengan menggunakan senjata tajam dan petasan.