Sama-Sama Dekat dengan Anies Baswedan, PKS Ingin Bentuk Koalisi Perubahan Bersama NasDem dan Demokrat
ILUSTRASI/Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono/DOK ANTARA/M Risyal Hidayat

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam momen pernikahan anak politikus NasDem. Ketiganya juga bertemu Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Pertemuan kelima tokoh di acara pernikahan anak Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto itu dihubung-hubungkan dengan peta Pilpres 2024. Isu Anies bakal dipasangkan dengan AHY pada pilpres mendatang, muncul lagi.

Juru Bicara PKS Muhammad Kholid menyebut momen pertemuan para elite parpol termasuk Anies Baswedan hanya kebetulan.

"Kemarin kondangan di acara pernikahan anak Pak Sugeng, terus kok pas ketemuan. Jadi foto bareng," ujar Kholid di Jakarta, Senin, 19 September. 

Tapi Kholid menyebut pertemuan ‘kebetulan’ itu sebagai sinyal tiga ketum parpol itu sudah punya kedekatan. Termasuk hubungan ketiga pimpinan parpol dengan Anies. 

"Pimpinan PKS, NasDem dan Demokrat cukup baik komunikasinya. Pak Anies juga memang dekat," ungkapnya.

Kholid mengakui, PKS, NasDem dan Demokrat hanya tinggal menunggu titik kesepakatan kerja sama untuk Pemilu 2024. Saat ini, klaimnya, ketiga parpol tengah mematangkan koalisi yang diberi nama poros perubahan. 

"Kami sedang matangkan poros perubahan. Masing-masing partai tentu punya aspirasi, dan kita sedang cari titik temu. Doakan saja semoga ada jodoh," ucap Kholid. 

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, menjelaskan pertemuan kelima tokoh tersebut hanya menghadiri resepsi pernikahan anak anggota DPR dari NasDem, Sugeng Suparwoto, pada Minggu, 18 September.

Menurut Willy, pertemuan itu hanya silaturahmi di acara pernikahan. Dia menegaskan, tidak ada pertemuan khusus untuk membahas soal koalisi ataupun pengusungan capres.

 "Silaturahim. Kalau toh ada (bicara politik, red) tentu itu sambil makan dan ketawa-ketiwi. Karena banyak orang di resepsi pernikahan," ujar Willy saat dikonfirmasi, Senin, 19 September.