Demokrat Pastikan Koalisi dengan PKS dan NasDem
Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat memastikan bakal berkoalisi dengan PKs dan NasDem. Kepastian bakal calon koalisi itu diungkapkan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan.

Syarief mengatakan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah berkomunikasi dengan kedua parpol.

"Secara implisif memang mas AHY sudah menyatakan bahwa sedang melakukan komunikasi yang intens dengan dua partai. Sudah menjadi rahasia umum bahwa partai yang dua itu kan yaitu NasDem dan PKS," ujar Syarief, Jumat, 16 September.

Wakil Ketua MPR itu mengatakan, kepastian koalisi ini juga merupakan penegasan bahwa komunikasi dengan kedua partai berjalan baik. Namun, kata dia, AHY tidak menyebutkan dalam Rapimnas 2022 karena kesepakatan koalisi tersebut masih belum final.

"Saya pikir karena memang belum final semuanya masih dalam taraf penyatuan platform partai-partai koalisi. Karena koalisi lain juga belum final kan baru sekedar wacana dan sebagainya. Kalau kami ya sudah secara implisit mengatakan sedang melakukan negosiasi apa komunikasi yang intens dengan dua partai itu," kata Syarif.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengakui, saat ini NasDem tengah melakukan penjajakan pembentukan koalisi Pilpres 2024 dengan Partai Demokrat dan PKS. Hanya saja, menurutnya, kesepakatan belum tercapai.

"(Jadi) tinggal tunggu kesepakatan, itu yang cukup jadi titik krusial sejauh ini," kata Willy.