Penemuan Sekali Satu Abad, Estrela de Fura, Ruby dengan Kualitas Permata Terbesar di Dunia
Ruby Estrela de Fura. (Sumber: Fura Gems) 

Bagikan:

JAKARTA - Batu Ruby kasar kualitas permata terbesar di dunia diperkenalkan di Dubai, Uni Emirat Arab pada Hari Rabu.

Disebut Estrela de Fura, bahasa Portugis untuk Bintang Fura, dan dengan berat 101 karat, pembukaannya berlangsung di Menara Almas, Menara Danau Jumeirah. Itu dipimpin oleh Ahmed bin Sulayem, ketua eksekutif dan kepala eksekutif Dubai Multi Commodities Centre.

Batu itu digambarkan sebagai penemuan sekali dalam satu abad. Baru-baru ini digali di Mozambik oleh perusahaan pertambangan Fura Gems, batu itu sangat penting, kata CEO Fura Gems Dev Shetty kepada The National News.

"Tidak ada yang terlihat seperti ini selama lebih dari satu abad, kami sangat senang. Ini adalah batu sekali dalam seratus tahun," ujarnya, seperti dilansir 16 September.

Didirikan pada tahun 2017, Fura Gems didirikan untuk fokus pada penambangan batu permata berwarna seperti zamrud, rubi dan safir.

"Kami menambang zamrud di Kolombia, ruby di Mozambik dan safir di Australia. Baru-baru ini kami juga mulai menambang di Madagaskar," tandasnya.

Pada 24 Juli, di tambang Fura di Mozambik, master sorter perusahaan Balbir membuka kunci kotak penyimpanan dan melihat sesuatu yang besar, merah, dan berkilau. Saat sinar matahari menerpa, warnanya berubah menjadi merah cerah.

Balbir segera menelepon Shetty, yang berada di Bangkok, mengatakan: "Saya pikir kami menemukan sesuatu yang luar biasa."

ruby estrela de fura
Ruby Estrela de Fura. (Sumber: Fura Gems) 

Sejak saat itu, batu tersebut telah diperiksa oleh beberapa pakar industri, termasuk salah satu badan terbesar dan paling dihormati di dunia, Institut Gemologi Internasional di Antwerpen. Konsensusnya adalah, ruby ​​​​ini memiliki kualitas dan ukuran yang tidak terlihat selama beberapa dekade.

"Saya memiliki laboratorium yang kembali kepada saya dan berkata: 'Dalam 20 tahun memeriksa yang terbaik, saya belum pernah melihat yang seperti ini'," tambahnya.

"Ini sangat menarik. Tidak ada yang pernah melihat hal seperti ini sebelumnya, dalam hal fluoresensi, warna dan kejernihan," tukasnya.

Saat dipotong, batu tersebut diharapkan menghasilkan ruby ​​berkualitas permata 50 atau bahkan 60 karat.

Mengenai nilainya, Shetty menolak untuk menawarkan harga, alih-alih memilih untuk menyerahkannya kepada kekuatan pasar.

Untuk indikasi nilai, pada tahun 2015 Sotheby's melelang batu rubi dengan kualitas yang sama. Disebut Ruby Sunrise, dan beratnya 25,59 karat, ia terjual lebih dari 1 juta dolar AS per karat. Bertahun-tahun setelahnya, Shetty mengatakan harga batu ruby telah berlipat ganda.

"Untuk setiap 10 karat harganya naik sehingga 20 karat bernilai eksponensial lebih dari 10 karat, lalu 30 karat, 40 karat dan seterusnya. Jika ini adalah batu 50 karat, itu hanya matematika," paparnya.

"Ruby lebih dari 10 karat jauh lebih langka daripada berlian, atau bahkan berlian berwarna, dan saya merasa terhormat untuk mengungkap batu ini," sebutnya.

Sekarang, bisnis serius menjual harta yang belum dipotong ini dimulai. Selama 45 hari ke depan, ruby ​​kasar akan dipajang, dengan sekelompok kecil pembeli potensial terpilih diundang untuk datang dan membuat penilaian mereka.

Setiap individu diberi waktu dua hari untuk menghitung nilai ruby, di mana Shetty yakin pembeli akan melangkah maju.

"Siapa pun berpotensi membeli ini. Itu bisa berupa rumah potong, merek perhiasan, kolektor atau bahkan museum," jelasnya.

"Ini adalah momen bersejarah bagi kami, perusahaan saya, dan untuk Mozambik. Saya sangat senang dan bangga dengan Mozambik; itu layak mendapatkan semua pujian," pungkas Shetty.