Los Angeles Laporkan Kematian Pertama Terkait Cacar Monyet, Korban Alami Gangguan Kekebalan Parah
Ilustrasi cacar monyet. (Wikimedia Commons/CDC/Brian W.J. Mahy)

Bagikan:

JAKARTA - Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles, Amerika Serikat mengumumkan pada Hari Senin, mereka telah mengonfirmasi kematian pertama karena cacar monyet. Dikatakan, individu tersebut sempat dirawat di rumah sakit dengan gangguan kekebalan yang parah.

Departemen mengatakan telah membuat keputusan, kematian di Los Angeles County adalah karena cacar monyet bersama dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, yang tidak segera menanggapi permintaan komentar.

"Warga itu mengalami gangguan kekebalan yang parah dan telah dirawat di rumah sakit," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 13 September.

Ini adalah kematian kedua yang diketahui dari seseorang yang didiagnosis dengan penyakit ini di Amerika Serikat.

Kematian pertama terkait cacar monyet di Negeri Paman Sam, dilaporkan di Texas bulan lalu, juga dengan gangguan kekebalan yang parah.

Meski, kasus Texas masih dalam penyelidikan untuk melihat peran apa yang dimainkan cacar monyet dalam kematian tersebut.

Cacar monyet jarang berakibat fatal, tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah mungkin lebih mungkin untuk sakit parah atau meninggal, kata pejabat kesehatan.

Diketahui, siapa pun dapat terinfeksi cacar monyet, yang menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Hampir semua dari lebih dari 21.985 kasus cacar monyet di Amerika Serikat, terjadi di antara pria gay, biseksual, dan pria lain yang berhubungan seks dengan pria, menurut CDC.