Di Lokasi Latihan Kopassus, Wapres Ma'ruf Amin Tetapkan 2.974 Komcat TNI Tahun 2022
Sebanyak 499 prajurit Komcad Kodam XII/Tanjungpura diberangkatkan untuk latihan pembulatan via Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalbar, September 2021. (ANTARA-Jessica H W)

Bagikan:

BANDUNG - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun Anggaran (TA) 2022. Jumlahnya 2.974 orang dan dibagi menjadi lima batalyon yang dilatih di masing-masing matra.

Hal itu diketahui saat Wapres didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komcad TNI di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis 8 September.

"Saya ucapkan selamat atas penetapan Komponen Cadangan Tahun 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan inayah-Nya, dan meridai setiap ikhtiar yang kita lakukan untuk menjaga kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan NKRI," kata Wapres.

Ribuan Komcat itu terdiri dari Matra Darat sebanyak 450 orang dilatih di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Sedangkan Matra Laut terdiri 499 orang dilatih di Kodikmar Surabaya, dan Matra Udara 500 orang dilatih di Pusdiklat Kopasgat Bandung.

Selain itu, berdasarkan laporan Antara, terdapat 50 orang dilatih di Pusdik Kowad dan terdapat 475 orang Kadet Unhan dilatih di Universitas Pertahanan (Unhan).

Komcad merupakan amanat Undang Undang Dasar 1945, Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Ribuan Komcad tahun anggaran 2022 ini melakukan pendaftaran secara sukarela. Mereka kemudian diseleksi, mengikuti pendidikan latihan dasar kemiliteran di rindam yang dirangkai dengan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus.

Selain Upacara Penetapan Komcad, acara ini juga diisi dengan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakanTNI-Polri, termasuk Komcad.