Bagikan:

YOGYAKARTA - Identifikasi merupakan sebuah hal yang sangat wajib untuk garda terdepan dalam mengolah tempat kejadian perkara di dalam Satuan Reserse. Sudah pernah mendengar apa itu INAFIS?

Tentunya Identifikasi sangat berpengaruh di dalam pengungkapan suatu tindak pidana.

Apa Itu INAFIS?

Identifikasi dikala ini diketahui dengan INAFIS (Automatic Finger Print Identification System)

Tugas INAFIS membutuhkan kejelian dan ketelitian kepada barang bukti yang berada di tkp (Tempat Kejadian Perkara) dimana barang bukti yang ada kaitannya dengan kejadian di lokasi. Sekecil apa saja barang bukti yang ada di tkp benar-benar penting dalam pengerjaan pengungkapan.

Cara kerja INAFIS bisa menerapkan beragam jenis sistem dalam pengembangan barang bukti.

Dengan diketahuinya jati diri korban, penyidik akan lebih gampang dalam membikin satu daftar dari orang-orang yang harus dicurigai dalam sebuah kasus. Daftar itu akan lebih diperkecil lagi sekiranya dikenal ketika kematian korban serta alat yang diterapkan oleh tersangka atau pelaku kriminal.

Identifikasi forensik yaitu usaha untuk mengenal identitas seseorang yang dimaksudkan untuk kepentingan forensik, yakni kepentingan pelaksanaan peradilan.

Anggota INAFIS menolong korban tenggelam(Instagram @Inafis_Kebumen)

(Anggota INAFIS dalam rangka pencarian tenggelam)

Peran ilmu kedokteran forensik dalam identifikasi khususnya pada jenazah tak diketahui, jenazah yang rusak, membusuk, hangus terbakar dan kecelakaan masal, musibah alam, huru hara yang mengakibatkan banyak korban meninggal, serta potongan tubuh manusia atau kerangka. Kemudian, identifikasi forensik juga berperan dalam beragam kasus lain seperti penculikan anak, bayi tertukar, atau anak yang diragukan orang tua nya.

Peran INAFIS dalam menunjang tugas Polri yakni dalam segi penegakan aturan dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam segi penegakan aturan terdiri dari idetifikasi / ungkap pelaku, pelacakan DPO (Daftar Pencarian Orang), identifikasi kepada korban tanpa identitas, pencekalan tersangka yang akan keluar atau masuk Indonesia, mencegah dokumen palsu, tukar menukar info kriminalitas baik dari kesatuan Polda, Polres, Polrek, malah hingga ke luar negeri yang dalam hal ini dijalankan secara langsung oleh Mabes POLRI.

Meskipun peran Identifikasi dalam segi pelayanan adalah mengidentifikasi orang hilang, identifikasi TKW (Tenaga Kerja Wanita) /TKI (Tenaga Kerja Indonesia), transaksi bank/asuransi, Pilkada / Pemilu, penerbitan dokumen identitas.

Setelah mengetahui Apa Itu INAFIS, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!