Zulhas Umumkan Dirinya hingga Puan Maharani-Ganjar Pranowo Masuk Bursa Capres PAN
Ketum PAN Zulkifli Hasan dalam Rakernas PAN di Jakarta, Sabtu, 27 Agustus /FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengumumkan bakal calon presiden pilihan kadernya. Ada sembilan nama yang diumumkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat rapat kerja nasional (rakernas).

PAN, kata Zulhas, membagi nama ini dalam tiga klaster. Pertama, kluster pemimpin partai politik.

"Semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa kita dorong, baik Pak Airlangga dari Partai Golkar. Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Selain itu, Ibu Puan Maharani dari PDI Perjuangan maupun saya dari PAN," kata Zulhas di hadapan kadernya di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus malam.

Selanjutnya, ada unsur dari teknokrat. "Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir untuk maju dalam pilpres 2024," ujar Menteri Perdagangan itu.

Sementara dari klaster kepala daerah, ada empat nama yang diusulkan. Zulhas bilang, nama ini paling semarak diusulkan oleh kader.

Adapun keempat nama tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah," ujarnya.

Zulhas mengatakan ada banyak nama lain yang sebenarnya disebutkan. Namun, sembilan tokoh tadi yang paling banyak disuarkan

"Demikianlah usulan PAN, ada sembilan nama yang kami usulkan. Tetapi, saya melihat banyak juga kandidat lain yang layak kita dorong bersama," pungkasnya.