Safari Politik Puan Atas Perintah Megawati, Membangun Dialog Antarparpol Dianggap PDIP Penting
Ketum NasDem Surya Paloh bersama dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani/DOK FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Puan Maharani ditugaskan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk memimpin safari politik bertemu para pimpinan partai politik (parpol).

"Jadi yang ditugaskan Ibu Megawati kan jelas Mbak Puan, dan kami mendampingi pertemuan-pertemuan tersebut," ujar Hasto usai peresmian kantor partai gelombang VI di kantor DPP PDI Perjuangan dilansir ANTARA, Rabu, 24 Agustus.

Dalam safari politik itu, Puan didampingi Bendahara Umum Olly Dondokambey, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang "Pacul" Wuryanto, dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Safari politik PDIP yang terus dilakukan ke partai lain itu merupakan sebuah tradisi positif yang dibangun partai untuk kebaikan bangsa Indonesia ke depan.

"Pertemuan silaturahmi antarpimpinan parpol ini sangat baik. Bagaimana pun dalam membangun bangsa dan negara dialog itu sangat perlu," jelasnya.

Ketika ditanya wartawan kabar Surya Paloh bertemu Megawati di kediaman Teuku Umar? Hasto menepis.

"Tidak... meskipun antara Kantor NasDem yang baru dengan rumah Ibu Ketua Umum Megawati berdekatan," ujar Hasto.

Yang jelas, Hasto menyebut Puan Maharani akan tetap memimpin safari politik yang agendanya setelah ke NasDem akan berlanjut ke Partai Gerindra, Golkar, PKB, PAN, dan PPP.

"Betul sekali (Puan Maharani pimpin safari politik, red). Makanya ada Tim Advance. Kami mendampingi, ada Pak Bambang Pacul, Pak Olly Dondokambey, dan saya sendiri sebagai Sekjen," katanya.

Puan disebut Hasto punya kapasitas untuk membangun komunikasi politik antarparpol.

"Beliau kan Ketua DPP Bidang Politik dan kapasitasnya sebagai Ketua DPR RI yang banyak berdialog dengan seluruh fraksi-fraksi partai politik di DPR RI. Tentu saja sesuai dengan penugasan Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku dirinya yang memerintahkan Puan untuk melakukan komunikasi politik ke parpol lain karena selain Ketua DPR RI, Puan adalah Ketua DPP PDIP.

"Itu saya lihat baru satu partai loh, itu kan sudah apa ya, tapi gayanya itu loh.. udah langsung beda loh," kata Megawati dalam sambutannya di acara peresmian kantor secara daring.

Megawati mengatakan dirinya bisa melihat ada yang berbeda pascapertemuan di NasDem. Sebagai politikus yang sudah lama, Megawati mengaku dirinya memiliki pengalaman seabrek sehingga bisa melihat adanya perbedaan situasi.

"Saya kan bisa melihat, mata tua saya ini pengalamannya seabrek-abrek, jadi kalau dari sisi politik juga saya bisa lihatlah. (Padahal) baru 1 partai yang dikunjungi Mbak Puan yang menjabat di DPP PDIP dan DPR RI," kata Megawati.