7 Fakta Pertemuan Prabowo-Puan di Hambalang: PDIP Buka Opsi Berkoalisi dengan Gerindra
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyambangi kediaman Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 4 September 2022. (Tim Media Puan Maharani).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani bersilaturahmi ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Puan bertamu ke rumah Prabowo pada Minggu, 4 September 2022 sekitar pukul 10.45 WIB. Puan Disambut hangat oleh Prabowo di pendopo rumahnya.

Fakta Pertemuan Prabowo-Puan

Berikut fakta pertemuan kedua tokoh politik tersebut berdasarkan catatan VOI:

1. Prabowo Ajak Puan Berkuda

Prabowo pun mengajak Puan untuk berkuda di arena pacuan yang ada di rumahnya. Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR itu menaiki kuda jenis Lusitano keturunan Portugal bernama Salero. Kuda berwarna putih itu juga sempat ditunggani Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat datang ke rumah Prabowo tahun 2016.

Puan Maharani dan Prabowo
Puan Maharani dan Prabowo berkuda di Hambalang. (Tim Media Puan Maharani). 

Saat berkuda, Puan didampingi Prabowo yang menunggang kuda cokelat bernama Cunhal. Selama 15 menit berkuda, Puan diberi training singkat oleh instruktur. Mulai dari masih dipegangi, sampai bisa berkuda sendiri. Puan sempat memamerkan skill half pass di mana kaki depan ada dalam posisi menyilang.

2. Puan Maharani Didampingi Petinggi PDIP

Dalam kunjungannya ke Hambalang, Puan Maharani didampingi oleh para petinggi PDIP seperti Hasto Kristiyanto, Said Abdullah, Utut Adianto, Bambang Wuryanto, Charles Honoris, Dolfie OFP, Mufti Anam, Agustina Wilujeng Pramestuti, Gilang Dhielafararez, dan Alex Indra Lukman.

Sementara itu, Prabowo didampingi oleh beberapa elite Gerindra, di antaranya Sekjen partai Ahmad Muzani dan Ketua Harian Partai Sufmi Dasco Ahmad yang juga merupakan Wakil Ketua DPR.

3. Pertemuan Puan-Prabowo Penuh Canda Tawa

Pertemuan Prabowo dengan Puan di Hambalang sangat hangat. Banyak canda dan tawa yang terlontar dalam safari politik tersebut. Dalam kesempatan ini, Puan pun mengucapkan terima kasih atas sambutan dari Prabowo dan jajaran Gerindra.

"Terima kasih atas sambutan yang hangat pada kesempatan ini. Saya diperkenankan untuk mencoba kuda kesayangan beliau. Berkuda perlu teori yang benar, perlu ketenangan, nggak boleh grogi," kata Puan.

4. Puan Sebut PDIP dan Gerindra Punya Kesepahaman Soal Bangsa

Usai berbincang secara empat mata dengan Prabowo di Wisma Hambalang 1, Puan Maharani menyampaikan bahwa PDIP dan Gerindra mempunyai kesepakatan dan kesepahaman dalam membangun bangsa.

“PDIP dan Gerindra mempunyai kesepakatan dan kesepahaman dalam membangun bangsa," kata Puan usai berbincang dengan Prabowo, Minggu.

Dikatakan Puan, PDIP dan Gerindra sepakat akan terus menggali pemikiran yang sama.

Dengan begitu, kata Puan, kedua partai akan memutuskan bagaimana jalinan kerja sama yang akan terbentuk ke depan demi membangun bangsa dan negara.

"Pasang surut politik itu hanya suatu bagian, namun yang paling penting itu adalah silaturahmi kekeluargaan yang tetap terbina walaupun berbeda pandangan dalam menuju satu tujuan politik tapi kita tetap bersama dan bersinergi,” ucapnya.

5. Penugasan dari Megawati

Puan mengatakan, kedatangannya melakukan safari politik dengan jajaran Gerindra adalah atas penugasan langsung dari Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Tak hanya itu, Puan juga mengatakan membawa pesan dari Megawati untuk Prabowo.

“Enggak mungkin saya ada di sini kalau nggak membawa pesan. Dan pesannya itu cuma saya dan Mas Bowo yang tahu. Kalau nggak ada rahasianya, nggak seru dong,” tutur Puan disambut tawa Prabowo.

“Tentu saja nanti akan ada waktunya Ibu Megawati sendiri yang akan bertemu dengan para ketua umum,” katanya.

Dia menambahkan, pertemuan kali ini merupakan penjajakan awal antara PDIP dan Gerindra dalam menyongsong Pemilu 2024.

6. PDIP Buka Kemungkinan Berkoalisi dengan Gerindra

Saat ditanya wartawan apakah PDIP dan Gerindra akan berkoalisi di Pemilu 2024, Puan menyatakan kemungkinan selalu ada.

“Semua ada kemungkinannya. Tidak ada yang tidak mungkin di politik demi kemajuan bangsa dan negara. Terima kasih atas sambutan hangat Mas Bowo dan Gerindra. InsyaAllah pertemuan ini akan menemukan hasil yang lebih baik untuk bangsa dan negara,” ujar Puan.

7. Prabowo Buka Opsi Gandeng Puan di Pilpres 2024

Prabowo Subianto menyatakan dirinya tidak mempermasalahkan jika berpasangan dengan Puan Maharani di Pilpres 2024.

"Kalau memungkinkan atau tidak memungkinkan, dari segi memungkinkan ya pasti memungkinkan. Kalau ditanya, demi kebaikan bangsa dan negara, kenapa tidak? Tentunya ini perjalanan masih panjang. PDIP harus memikirkan, dan Gerindra juga. Demi kebaikan bangsa dan negara, kami siap,” tegas Prabowo.

Menurut Prabowo, PDIP dan Gerindra punya banyak kesamaan pandangan.

Terutama dalam hal ideologis sesama partai kebangsaan yang selalu berkomitmen menegakkan Pancasila, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Persatuan Nasional, dan Kerakyatan.

Demikianlah fakta pertemuan Prabowo-Puan di Hambalang, Bogor pada Minggu, 4 September 2022. Prabowo Subianto dan Puan Maharani sepakat untuk senantiasa membangun komunikasi politik demi kepentingan bangsa, sehingga pertemuan ini akan terus berlanjut.