Dikawal Sukhoi Su-30, Dua Pembom Strategis Rusia Masuki Zona Identifikasi Pertahanan: Korsel Kirim Jet Tempur
Ilustrasi pembom Tu-95MS Rusia bersama jet tempur F-15 Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/U.S. Air Force photo)

Bagikan:

JAKARTA - Dua pembom strategis Tupolev Tu-95MS dari Angkatan Udara Rusia yang tengah melakukan misi patroli di atas Laut Jepang, sempat memasuki zona identifikasi pertahanan Korea Selatan pada Hari Selasa.

"Dua pembom jarak jauh strategis Tupolev-95MS telah melakukan penerbangan terjadwal di wilayah udara di atas perairan internasional Laut Jepang," menurut Kementerian Pertahanan Rusia, melansir TASS 23 Agustus.

Penerbangan berlangsung sekitar 7 jam. Pesawat tempur Sukhoi-30SM dari Angkatan Udara Rusia memberikan perlindungan. Pada tahap tertentu dari rute pesawat Tupolev-95MS dikawal oleh pesawat tempur F-16 Korea Selatan.

Sementara melansir Korea Times, pesawat militer Rusia memasuki zona identifikasi pertahanan udara Korea (KADIZ) tanpa pemberitahuan, mendorong Angkatan Udara untuk mengerahkan pesawat tempur ke tempat kejadian, kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Seoul.

Kendati demikian, JCS tidak memberikan rincian, seperti jumlah pesawat Rusia dan jenisnya.

"Mengenai masuknya pesawat militer Rusia ke KADIZ, militer kami mengambil langkah taktis dalam persiapan menghadapi kemungkinan insiden," kata JCS dalam sebuah pernyataan.

Diketahui, zona identifikasi pertahanan udara bukan wilayah udara teritorial, tetapi digambarkan lokasi memanggil pesawat asing, untuk mengidentifikasi diri mereka untuk mencegah bentrokan yang tidak disengaja.