Penyidik Perkuat Bukti Pencucian Uang Perempuan Bandar Sabu Beromzet Miliaran Rupiah
DOK- Tersangka kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) berinisial NNJ alias Mandari (tengah) yang didugabandar sabu-sabu dengan omzet miliaran rupiah/ANTARA/Dhimas BP

Bagikan:

MATARAM - Penyidik Direktorat Reserse Narkoba Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) memperkuat bukti kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) milik perempuan berinisial NNJ alias Mandari yang diduga berperan sebagai bandar sabu-sabu dengan omzet miliaran rupiah.

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda NTB Kombes Deddy Supriadi mengatakan penguatan bukti dari kasus TPPU milik Mandari ini merupakan tindak lanjut pengembalian berkas hasil penelitian jaksa.

"Kami perkuat bukti dan unsur pidana TPPU milik yang bersangkutan sesuai petunjuk jaksa peneliti," kata Deddy dilansir ANTARA, Selasa, 23 Agustus.

Perihal petunjuk jaksa yang kini masuk dalam upaya kelengkapan berkas, Deddy masih enggan membeberkan ke publik.

"Belum bisa kami sampaikan, karena ini bagian dari proses penyidikan," katanya.

Namun, untuk hasil penelusuran Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Deddy menegaskan hal tersebut sudah masuk dalam kelengkapan berkas.

Secara umum, Deddy menjelaskan hasil penelusuran PPATK telah menemukan transaksi berkelanjutan secara rutin dengan angka mencapai miliaran rupiah. Kuat dugaan transaksi bernilai miliaran rupiah itu berkaitan dengan bisnis narkotika yang dijalankan Mandari.

Langkah kepolisian menangani kasus TPPU milik Mandari berawal dari penangkapan dua anak buahnya di wilayah Abian Tubuh, Kota Mataram.

Mandari terungkap sebagai pengendali bisnis sabu-sabu di Kota Mataram dan ditangkap bersama suami, Bayu, ketika sedang berada di salah satu hotel berbintang di wilayah Kuta, Kabupaten Lombok Tengah.

Kini pidana pokok yang menyeret Mandari bersama Bayu ke persidangan sedang berjalan. Sebagai terdakwa, Mandari bersama suaminya, didakwa dengan Pasal 112 ayat 1 dan atau Pasal 114 ayat 1 dan atau Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika.

Deddy menegaskan komitmen Polri dalam memberantas peredaran narkotika. Sesuai arahan Kapolri, Deddy meyakinkan bahwa pihaknya akan membuat miskin pelaku yang terungkap berperan sebagai bandar narkotika, termasuk Mandari.

"Instruksi tetap kami jalankan. Ini (penanganan TPPU narkotika) bentuk komitmen kami memiskinkan bandar narkoba," ujarnya.