1 Tewas dan 4 Hilang dalam Kebakaran 2 Kapal Pengangkut BBM di Assue Papua
Ilustrasi petugas damkar memadamkan api kebakaran. (Pixabay)

Bagikan:

PAPUA - Sebanyak dua unit kapal pengangkut BBM terbakar di dermaga milik Pertamina Distrik Assue, Kabupaten Mappi, Papua pada Kamis 18 Agustus dini hari. Akibatnya seorang anak buah kapal (ABK) meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan kebakaran yang menimpa KM LCT dan KM Purnama diketahui dari laporan yang diterimanya sekitar pukul 01.45 WIT.

Selain menewaskan seorang ABK, insiden itu juga mengakibatkan empat ABK lainnya belum ditemukan

Insiden kebakaran itu diketahui setelah adanya warga yang melaporkan ke Polsek Aston, sehingga anggota langsung mendatangi TKP.

Dari keterangan saksi terungkap, api berasal dari kapal kayu Purnama milik Ucok yang saat itu sedang berlabuh di sebelah kapal LCT Pertamina hingga api membesar dan menimbulkan ledakan serta membakar body kapal LCT.

"Untuk penyebab pastinya kebakaran tersebut, masih dilakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi serta barang bukti berupa kedua kapal," tutur Kombes Kamal, dikutip dari Antara, Kamis 18 Agustus.

Dia menambahkan, KM LCT membawa 12 ABK, seorang dilaporkan meninggal yakni Markus Tangke dan dua orang belum ditemukan.

Korban dari KM Purnama tercatat dua orang alami luka bakar dan dua orang lainnya belum ditemukan. Adapun empat ABK yang dilaporkan hilang yakni Pardi, Herman, Rama dan Ucok.

Kombes Kamal menyampaikan, pada saat kejadian BBM yang ada di kedua kapal sudah diturunkan.