Tak Hanya Gerindra, PKB Juga Akan Temui PDIP Bahas Pemilu 2024
Ketum PKB Muhaimin Iskandar/DOK IST

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana menggelar pertemuan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keduanya, dipastikan akan membahas soal Pemilu 2024. 

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan partai politik lainnya setelah resmi mendeklarasikan koalisi bersama Partai Gerindra pada akhir pekan lalu. Termasuk PDIP, kata Imin, PKB bakal membicarakan soal kontestasi politik pada 2024 mendatang. 

"Ya masih terus komunikasi ke semua pihak ya, termasuk PDIP," ujar Cak Imin kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 Agustus. 

Wakil Ketua DPR itu mengungkapkan, sejauh ini PKB sering berdiskusi dengan PDIP soal Pemilu 2024. Karenanya, perlu pertemuan untuk menindaklanjuti diskusi terkait hal tersebut. 

"Iya (bakal gelar pertemuan, red). Sering sih ketemu, tapi ya akan pasti akan pertemuan. Setiap saat sering ketemu. Diskusi-diskusi," kata Cak Imin.

Namun Cak Imin mengaku, komunikasi tersebut masih belum sampai pada kesimpulan untuk menjajaki kerja sama politik di 2024. Hal itu tergantung pada pembicaraan lanjutan. 

"Belum. Belum ada kesimpulan apa pun (soal kemungkinan PDIP bekerja sama politik dengan koalisi Gerindra dan PKB, red)," katanya. 

Sebelumnya, Partai Gerindra berencana melakukan pertemuan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk membahas terkait pemilihan umum (Pemilu) 2024. Pertemuan ini direncanakan usai Gerindra mengumumkan koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, mengaku hingga saat ini hubungan Gerindra dengan PDIP sangat bagus. Sehingga, pihaknya mengagendakan pertemuan untuk membicarakan soal merawat persatuan dan memastikan demokrasi berlangsung dengan baik menjelang tahun politik 2024.

"Komunikasi kami dengan PDIP pasca-kerja sama antara Gerindra dengan PKB juga sangat bagus," ujar Muzani kepada kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 Agustus. 

"Kami akan bertemu dengan PDIP juga untuk membicarakan tentang bagaimana merawat persatuan dan demokrasi yang sudah menjadi pilihan kita di 2024 ini, bisa berlangsung dengan baik," sambungnya. 

Muzani mengatakan, semua tindakan dan kerja sama politik yang dilakukan Gerindra, termasuk pertemuan dengan PDIP, akan dibicarakan juga dengan PKB.

"Semua tindakan dan kerja sama politik kami, kami semuanya akan kami bicarakan juga dengan PKB," katanya.