Bertemu Romy, PDIP: Dengan PPP Kita Tetangga, Tinggal Ketok Pintu
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membenarkan adanya pertemuan dirinya dengan Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy atau biasa disapa Romy. Kegiatan ini dinilai hal biasa karena kantor dua partai itu bertetangga di kawasan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

"Kita kan saling bertemu dengan PPP apalagi kita tetangga. Tinggal ketok pintu tetangga kita bertemu," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin, 6 Maret.

Lagipula, PDIP tidak hanya bertemu dengan PPP. Kata Hasto, ada sejumlah partai yang sudah mereka temui yaitu Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), hingga Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maupun Partai Gerindra.

Sebagai pengingat, Golkar, PAN, dan PPP telah menjalin kerja sama politik lewat Koalisi Indonesia Bersatu. Sedangkan, PKB dan Gerindra sudah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Lewat pertemuan itu, partainya kerap mendiskusikan banyak hal. Selain itu, Hasto memastikan, PDIP siap bekerja sama dengan siapapun yang punya sejarah membangun bangsa.

"Pertemuan juga dengan Golkar, Gerindra, PAN, PKB kita sering berdialog sehingga tidak ada masalah," ungkapnya.

"PDI Perjuangan bekerjasama dengan partai-partai terutama yang memiliki kesejarahan dalam membangun republik ini," tambah Hasto.

Romy lewat akun instagram pribadinya, @romahurmuziy mengunggah momen pertemuan antara dia dan Hasto pada Rabu, 1 Maret. Dalam pertemuan itu, ada sejumlah bahasan termasuk menyamakan persepsi atas situasi dan kondisi politik nasional, serta membicarakan Sistem Pemilu yang tengah di-judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

Romy yang dikonfirmasi media mengatakan bahwa satu hal yang digarisbawahi dari pertemuan itu bahwa sebagai sesama partai ideologis dan historis, PPP dan PDIP sama-sama menyatakan siap menjalani sistem pemilu proporsional baik terbuka maupun tertutup.

Selain itu itu, Romy menyebut bersama Hasto bernostalgia tentang sejarah perjalanan duet PDIP-PPP pada saat Mega-Hamzah Haz. Mereka lakukan ini untuk mengambil pelajaran yang bisa diterapkan di Pemilu 2024.