Ketahuan Tapi Pencuri Cokelat Justru Ancam Karyawan Alfamart Pakai UU ITE, Alfamart: Apabila Diperlukan akan Mengambil Langkah Hukum
Karyawan Alfamart (tengah) diapit perempuan diduga curi cokelat bersama pria yang mengaku pengacaranya. (Tangkapan layar video viral)

Bagikan:

JAKARTA - Karyawan Alfamart menangkap basah seorang perempuan mengambil cokelat batangan keluar kasir tanpa membayar. Kejadian yang terekam kamera ponsel itu heboh di media sosial lantaran karyawan itu justru meminta maaf kepada perempuan tersebut.

Pihak Alfamart membenarkan kejadian yang dialami karyawannya yang bekerja di Alfamart cabang Sampora, Desa Sampora, Kecamatan Cisauk, Tangerang Selatan. Peristiwa itu terjadi terjadi pada Sabtu 13 Agustus.

"Karyawan kami menyaksikan kejadian konsumen yang telah mengambil barang tanpa membayar. Setelah diminta pertanggungjawaban, konsumen itu baru membayar cokelat yang telah diambilnya. Dari investigasi karyawan pun menemukan produk lain yang diambil selain cokelat," tutur pihak Alfamart lewat keterangan tertulis, dikutip dari akun Instagram resmi @alfamart, Senin 15 Agustus.

Karyawan Alfamart itu juga diancam perempuan yang terbukti mencuri itu dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

"Terkait dengan pemberitaan seorang karyawan Alfamart yang diancam UU ITE oleh seorang konsumen adalah benar," ujarnya.

Pihak Alfamart juga menyesalkan tindakan sepihak yang dilakukan perempuan itu selaku konsumen membawa pengacara sehingga membuat karyawan Alfamart menjadi tertekan.

"Alfamart sedang melakukan investigasi internal lebih lanjut, dan apabila diperlukan akan mengambil langkah hukum selanjutnya," demikian keterangan dari pihak Alfamart.

Viral video karyawan Alfamart meminta maaf setelah mendapati seorang perempuan tak membayar cokelat yang diambilnya dari etalase minimarket.

Dalam video viral itu, perempuan itu dipergoki membawa cokelat batangan tanpa membayar. Ia kepergok karyawan Alfamart saat sudah berada di mobil Mercy yang terparkir di halaman minimarket.

"Yaudah saya ambil [mengeluarkan cokelat dari balik badannya]," kata perempuan itu mengakui kesalahannya.

Cokelat batangan itu lantas dikembalikan kepada karyawan Alfamart. Ia mengakui telah mengambil cokelat itu melewati kasir minimarket tanpa membayar.

Sejurus kemudian perempuan itu ingin menutup pintu mobil dicegah karyawan Alfamart. Perempuan itu kemudian keluar mobil menuju kasir minimarket. "Gimana sih ngambil cokelat, saya lihat Bu," timpal karyawan Alfamart.

Dalam video berbeda, karyawan Alfamart itu terlihat meminta maaf. Ia diapit perempuan yang kepergok tidak membayar cokelat dan seorang pengacaranya.