Insiden Mobil Karnaval Terbakar, Wagub Riza Janji Evaluasi Jakarnaval untuk Tahun Depan
Acara Jakarnaval (Foto: Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Pemprov DKI akan mengevaluasi pelaksanaan acara Jakarnaval yang baru digelar hari ini di kawasan sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara.

Evaluasi ini dilakukan untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti insiden kebakaran pada mobil karnaval yang sempat terjadi di tengah acara. Evaluasi ini pun menjadi catatan perbaikan pada perayaan Jakarnaval tahun depan.

"Tahun depan akan terus dilakukan perbaikan-perbaikan dan evaluasi secara menyeluruh agar setiap tahun ada peningkatan," kata Riza saat ditemui di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 14 Agustus.

Diduga, api yang menjalar pada salah satu mobil karnaval disebabkan oleh percikan kembang api yang dinyalakan di atas mobil saat parade. Namun, Riza menegaskan insiden ini tidak menjadi masalah berarti.

"Itu kebakaran sedikit saja. Ada insiden sedikit, tidak masalah. Tidak ada korban," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Riza mengungkapkan tujuan Pemprov DKI kembali menggelar festival Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) adalah untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang tersebar di Jakarta, khususnya kawasan Ancol.

"Kita ingin menunjukkan, kita punya Ancol, sebagai tempat destinas wisata yang terbaik, yang setelah dua tahun sempat tutup, ini mulai bangkit kembali. Saya kira ini sesuatu yang positif," urainya.

Sebagai informasi, Pemprov DKI kembali menggelar Jakarnaval sebagai rangkaian HUT Jakarta dan HUT Republik Indonesia, setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19.

Terdapat sejumlah komunitas menampilkan karya mereka pada Jakarnaval tahun ini, mulai dari pembuat mobil hias, intellectual property (IP) performer, drama musikal, marching band, pertunjukan tari, penampilan ondel-ondel, atraksi sepatu roda, hingga penampilan gambang kromong.

Adapun tema yang diangkat pada Jakarnaval tahun ini adalah "Kekayaan Intelektual Nusantara untuk Dunia".

Selain menyaksikan karnaval dengan parade mobil hias yang mengangkat cerita lokal Indonesia, setelahnya masyarakat yang hadir bisa menikmati acara hiburan di panggung utama yang akan dimeriahkan oleh Armada Band, Lyodra dan Juicy Luicy.