Pemprov DKI Prediksi Sampah Perayaan Malam Tahun Baru di Sudirman-Thamrin Capai 20 Ton
Ilustrasi petugas kebersihan Pemprov DKI (Rizky Sulistio/ VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggelar perayaan malam Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, dan kawasan Monumen Nasional.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto memprediksi produksi sampah dalam perayaan malam Tahun Baru nanti mencapai 20 ton.

"Kalau tahun ini, kayaknya lumayan crowded. Ya, kalau penambahannya paling sekitar 20 ton-an ada," kata Asep kepada wartawan, Kamis, 28 Desember.

Asep menyebut, jumlah sampah yang dihasilkan dari kegiatan pergantian tahun ini akan lebih besar dari tahun lalu. Mengingat, akan ada 11 panggung yang tersebar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin serta perayaan di kawasan Monas.

"Pelaksanaan kegiatannya juga gak hanya panggung, ada Jakarnaval segala macam. Jadi, memang kebayang banget sampahnya akan berapa banyak," urai Asep.

Kemudian, Pemprov DKI juga akan menerjunkan 3.180 petugas kebersihan yang akan membersihkan seluruh kawasan Jakarta, yakni di 5 kota dan 1 kabupaten, usai perayaan malam Tahun Baru.

Dari jumlah personel yang diterjunkan, terdapat 500 personel yang dikhususkan untuk membersihkan lokasi utama perayaan malam Tahun Baru, yakni Sudirman-Thamrin dan Monas.

Nantinya, mereka juga akan mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan.

"Nanti, petugas-petugas PJLP kami akan keliling mengedukasi warga pakai sandwich board yang mengingatkan warga supaya buang sampah di tempatnya, jangan buang sampah sembarangan," jelasnya.

Menyambut tahun baru 2024, cukup banyak acara yang akan berlangsung di Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan drone).

Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam kegiatan, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.

Pada segmen pertama Gemilang Silang Monas akan menampilkan pemutaran video, air mancur menari, hiburan dan sebagainya.

Lalu, ke arah barat daya Monas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mendirikan panggung pembukaan yang bernama Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Jakarnaval juga akan menampilkan beragam mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca.

Selanjutnya, di sepanjang Jalan MH Thamrin seperti di kawasan Sarinah dan Bundaran HI. Berbagai hiburan menarik di Sarinah akan menampilkan hiburan, panggung akustik dan karya seni manusia patung.