Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar perayaan malam Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin serta kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Atas dasar itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di Sudirman-Thamrin pada 31 Desember pagi harinya.

Namun, pada hari sebelum perayaan Natal 25 Desember, masyarakat masih dapat berolahraga di CFD Sudirman-Thamrin.

"Hari Minggu tanggal 24 Desember tetap ada CFD, kemudian tanggal 31 Desember tidak ada," kata Syafrin kepada wartawan, Senin, 18 Desember.

Rencananya, perayaan malam tahun baru dengan konsep car free night yang berisi perayaan Jakarnaval di kawasan Monas dan Malam Muda Mudi di Sudirman-Thamrin akan kembali digelar oleh Pemprov DKI.

"Akan dilaksanakan car free night di Thamrin-Sudirman. Rencana car free night mulai tanggal 31 jam 19.00. Kemudian juga ada Jakarnaval," ujar Syafrin.

 

Perayaan pergantian tahun 2023 ke 2024 digelar tak berbeda dengan tahun lalu. Di mana, Akan ada 7 panggung pada lokasi yang tersebar di sepanjang Sudirman-Thamrin saat gelaran festival malam pergantian tahun tersebut.

Panggung tersebut masing-masing ditempatkan di area Sarinah, area Bundaran HI, area Dukuh Atas, area JPO Sudirman, area Bendungan Hillir, dan dua panggung di area SCBD.

Pada 31 Desember, akan ada penyempitan jalan sebanyak 2 lajur di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Lalu, penutupan jalan mulai dilakukan selama car free night berlangsung.

Selain itu, malam Tahun Baru pada tingkat kabupaten/kota turut digelar di enam wilayah, yakni Thamrin 10 di Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.