Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra mengundang khusus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) datang ke acara penutupan Rapimnas di SICC Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 13 Agustus.

Undangan ini dalam rangka mengukuhkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024 yang sudah disepakati 34 DPD di seluruh Indonesia pada Jumat, 12 Agustus, malam.

Rapimnas hari ini sekaligus untuk menyepakati koalisi Gerindra-PKB yang akan diresmikan dengan penandatanganan piagam deklarasi koalisi oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan seluruh kader Gerindra dan PKB akan menyatu pada momentum hari ini.

"Semua akan menyatu bersama kader Gerindra dan PKB," ujar Muzani, Jumat, 12 Agustus.

Terkait cawapres, Muzani menegaskan hal itu akan dibicarakan lebih lanjut oleh koalisi. Prosesnya, kata dia, akan berlangsung pada hari ini.

"Saya enggak bisa mendahului karena proses itu akan berlangsung besok (hari ini, red)," katanya.

Sementara, PKB menyambut baik kesediaan Prabowo untuk dicalonkan kembali sebagai capres di 2024. PKB juga mengapresiasi undangan dan rencana deklarasi koalisi di acara Rapimnas Gerindra.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, mengatakan partainya banyak memiliki kecocokan dengan Partai Gerindra pimpinan Prabowo Subianto. Kedua partai, menurutnya, akan saling melengkapi jika berkoalisi.

"PKB-Gerindra ini tambah lengket dan tambah mesra, meskipun kedua partai ini belum punya pengalaman koalisi di pilpres," kata Jazilul dalam keterangannya, Sabtu, 13 Agustus.