Gerindra: Hari Ini Kita Umumkan Capres, PKB Boleh Usul Nama Cawapres
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, pihaknya akan mengumumkan calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024. Seratus persen kader Gerindra mendukung Ketua Umum Prabowo Subianto maju kembali pada pemilihan presiden mendatang. 

Hanya saja, hingga saat ini kader Gerindra masih menunggu kesediaan Prabowo untuk dicalonkan kembali sebagai capres untuk 2024. Diperkirakan, Prabowo bakal mengumumkan jawabannya pada sore atau malam nanti. 

"Hari ini kita umumkan capres dari Partai Gerindra!," Ujar Sufmi Dasco kepada wartawan di SICC, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 12 Agustus. 

Untuk diketahui, hari ini Gerindra menggelar Rapimnas dengan agenda tunggal mendengarkan dukungan terkait pencapresan Prabowo. Esok harinya, Sabtu, 13 Agustus, Gerindra dan PKB akan menyepakati dan mengumumkan koalisi untuk Pilpres 2024. 

"Besok kita akan deklarasikan piagam deklarasi koalisi partai," sambung Dasco. 

Menurutnya, tidak akan ada resistensi dari PKB terkait usulan Prabowo Subianto sebagai capres 2024. Tinggal nantinya menentukan siapa figur yang bakal mendampingi Menteri Pertahanan itu. 

"Saya pikir hal itu nanti kita akan tentukan bersama, karena salah satu poin dari deklarasi itu adalah calon presiden dan calon wakil presiden. Kemudian akan disepakati bersama-sama," kata Dasco. 

Namun, Wakil Ketua DPR itu mengatakan soal sosok cawapres belum diumumkan pada kesempatan esok hari. Sebab, hal itu akan dibicarakan pada proses selanjutnya pasca penetapan Prabowo sebagai capres. 

"Dalam AD/ART Partai Gerindra itu tahapan-tahapannya ada, bahwa kemudian proses pencapresan ini harus dilakukan dulu di Rapimnas dan ditetapkan sebagai calon presiden. Untuk hal-hal lain mengenai masalah calon wakil presiden itu kemudian ditetapkan dalam satu forum yang memang sudah ditetapkan dalam AD/ART sesudah ini," jelas Dasco. 

"Kapan waktunya, kita akan sepakati dengan partai-partai koalisi untuk kemudian kita akan bicarakan di forum tersebut," sambungnya.

Meski begitu, Dasco menegaskan PKB memiliki hak untuk mengusulkan nama cawapres pendamping Prabowo. Apakah itu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, kata Dasco, tunggu tanggal mainny. 

"Tentunya sebagai partai koalisi, PKB boleh mengusulkan nama untuk calon wakil presiden," tegas Dasco.