Akhirnya Irjen Ferdy Sambo yang Gugurkan Tuduhan Pelecehan Brigadir J ke Istrinya di Duren Tiga
Irjen Ferdy Sambo/DOK Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Awalnya --kata Irjen Ferdy Sambo-- tuduhan pelecehan yang dilakukan Brigadir J kepada Putri Candrawathi, istrinya itu terjadi di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Tapi kini Irjen Ferdy juga yang menganulir keterangannya sendiri.

Selama ini, sesuai kronologi awal, terjadi dugaan pelecehan Brigadir J terhadap istri Irjen Ferdy Sambo di rumah dinasnya. Karena ketahuan oleh Bharada E, terjadi tembak-menembak hingga Brigadir J tewas.

Tapi seperti yang kita tahu, cerita paragraf di atas itu semua cuma rekayasa belaka. Tak ada tembak-menembak. Bharada E pun tegas bilang kalau dia diperintah Irjen Ferdy Sambo untuk membunuh Brigadir J.

Lalu motif dugaan pelecehan seksual Brigadir J di Jakarta justru digugurkan oleh Irjen Ferdy Sambo sendiri. Pengakuan ini disampaikan Ferdy Sambo ketika diperiksa untuk kali pertama sebagai tersangka pembunuh Brigadir J di Mako Brimob, Depok.

Tim khusus (timsus) Polri memeriksa Ferdy Sambo sebagai tersangka selama tujuh jam lamanya. Secara tidak langsung, Ferdy Sambo mengaku nekat merencanakan aksi pembunuhan karena emosi harkat dan martabat keluarganya dilukai

Namun cerita Ferdy Sambo versi sudah jadi tersangka, berbeda ketika masih saksi. Kali ini tempat kejadian dugaan pelecehan bukan seperti yang awal dituduhkan Ferdy Sambo.

"Bahwa di dalam keterangannya tersangka FS mengatakan bahwa dirinya menjadi marah dan emosi setelah mendapat laporan dari istrinya PC yang telah mengalami tindakan yang melukai harkat dan martabat keluarga," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi kepada wartawan, Kamis, 11 Agustus.

Akan tetapi, mengenai bentuk tindakan Brigadir J yang dianggap telah melukai harkat dan martabat dari Irjen Ferdy Sambo tak dipaparkan secara rinci.

Dari hasil pemeriksaan, Andi hanya menekankan Sambo menyatakan aksi Brigadir J itu dilakukan di Magelang.

"(Aksi melukai harkat dan martabat) Yang terjadi di Magelang yang dilakukan oleh almarhum Yosua," ungkapnya.

Curhatan Irjen Ferdy Sambo

Meski secara fisik di Mako Brimob, melalui kuasa keluarga, Arman Hanis, Ferdy Sambo menyampaikan permintaan maaf terbuka. Ungkapan hati Irjen Ferdy Sambo, suami dari Putri Chandrawathi ini dibacakan di rumah pribadinya di Jalan Saguling III, Jakarta Selatan.

Dan sekali lagi, Irjen Ferdy Sambo kembali menekankan semua tindakannya murni atas perbuatan Brigadir J yang sudah melukai harkat dan martabat keluarganya.