Ada PPSU Aniaya Hingga Lindas Pacar di Jaksel, Wagub DKI Telepon Lurah Minta Pelaku Dipecat
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku sudah mengetahui kasus seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) yang menganiaya kekasihnya hingga melindasnya dengan sepeda motor di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Riza menegaskan pelaku bernama Zulpikar ini akan segera dipecat sebagai petugas PPSU. Hal ini merupakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga telah mengetahui peristiwa itu.

"Pak Gubernur sudah memerintahkan Asisten Pemerintahan, yang bersangkutan sudah diminta dicari dan sudah ketemu orangnya dari kelurahan mana. Tindakan yang diberikan dari Pemprov tentu adalah pemecatan," kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa, 9 Agustus.

Untuk memastikan instruksi pemecatan kepada pelaku dilakukan oleh jajarannya, Riza menelepon Lurah Rawa Barat bahwa Zulpikar akan dipecat dari petugas PPSU Kelurahan Rawa Barat.

"Sesuai dengan mekanisme, diberi sanksi di antaranya pemecatan ya, Pak. Nanti kita lakukan evaluasi bagi yang lain, kita evaluasi semua anggota PPSU untuk menjadi perhatian," ucap Riza dalam sambungan telepon.

"Jangan sampai ada kejadian seperti ini terulang lagi. Jadi pelajaran penting bagi kita semua. Terima kasih, Pak," ungkap Riza sebelum menutup teleponnya.

Riza juga menyebut kasus penganaiyaan ini juga akan dilaporkan ke kepolisian. Kemudian, akan ada evaluasi mengenai proses rekrutmen PPSU. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali.

"Yang bersangkutan akan dilaporkan kepada yang berwajib, kepada polsek setempat. Tentu, di internal, kita akan meningkatkan lagi monitoring, evaluasi, dan semua proses rekrutmen bagi seluruh anggota PPSU yang ada," tegasnya.

Sebagai informasi, viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan penganiayaan oleh Zulpikar kepada wanita. Penganiayaan ini terjadi di Jalan Kemang Dalam VI, Kelurahan Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin, 8 Agustus siang.

Dilihat dari video tersebut, Zulpikar tampak menendang, menjambak, memukul sang perempuan. Bahkan, Zulpikar juga sampai melindas perempuan tersebut menggunakan sepeda motor miliknya.

Berdasarkan keterangan Lurah Bangka, perempuan tersebut merupakan kekasih Zulpikar. Penyebab penganiayaan itu terjadi karena Zulpikar merasa cemburu pada perempuan tersebut.