Bagikan:

JAKARTA - Popularitas Kepala Staf Presiden Moeldoko mengalami peningkatan ihwal sarannya terkait sorgum sebagai alternatif sumber pangan. Nama Moeldoko muncul di beragam media sosial dan pemberitaan media online.

Isu krisis pangan terkait pernyataan Moeldoko yang menyarankan sorgum sebagai alternatif sumber pangan cukup ramai menjadi pembahasan netizen dan publik selama sepekan dari 29 Juli-4 Agustus 2022.

"Intensitas perbincangan warganet memuncak pada 1 Agustus 2022 terkait pembahasan tentang Moeldoko yang mendukung penelitian sorgum sebagai alternatif pangan untuk menghadapi krisis pangan global. Kuantitas perbincangan warganet Twitter lantas kemudian menurun hingga akhir periode pemantauan," demikian hasil laporan sepekan media monitoring Netray, dilihat Selasa, 9 Agustus.

Beberapa kosa kata yang sering digunakan warganet dalam perbincangan seputar Moeldoko pada pemantauan periode ini seperti listrik, sorgum, visioner, dan moeldoko, serta berbagai kosa kata lainnya.

Di media online ditemukan 234 artikel dengan dominasi sentimen positif. Serta tidak ada pemberitaan negatif terkait Moeldoko pada periode ini.

Sementara di kolom komentar news, warganet dominan mengomentari acara pernikahan anak Anies Baswedan yang dihadiri sejumlah pejabat termasuk Moeldoko. Sedangkan isu lain yang menuai komentar meskipun minim adalah soal kendaraan listrik.

Kemudian, di Twitter kata kunci Moeldoko didominasi oleh sentimen positif. Sebanyak 4.148 twit dengan kata kunci menghasilkan interaksi sebesar 360.2 ribu reaksi yang menjangkau 30,9 juta akun. Setidaknya, ada 668 akun yang membicarakan Moeldoko selama pemantauan.

Lalu, di Instagram selama periode monitoring di Instagram ditemukan 21 unggahan warganet dengan didominasi bersentimen positif.

Sedangkan, di TikTok terdapat 12 konten yang menyinggung Moeldoko dalam sepekan dengan 564 total impresi. Adapun jumlah komentar 108 dan dibagikan ke 2 akun. Konten paling populer adalah pernyataan Moeldoko soal mobil listrik tanpa awak yang akan dioperasikan di IKN Nusantara.

Di kanal Youtube terdapat 105 konten YouTube yang memunculkan nama Moeldoko. Dari total konten atau video, jumlah view mencapai total 62.9 ribu kali dan menuai 729 like serta 233 komentar yang didominasi oleh sentimen negatif.

"Konten Youtube populer didominasi konten soal kehadiran para pejabat termasuk Moeldoko di pernikahan anak Anies Baswedan. Namun konten akun YouTube pribadi Dr Moeldoko soal wayang juga turut menjadi perhatian publik dengan menempati konten kata kunci Moeldoko paling banyak dilihat nomor 3," sebutnya.

Netray juga mencatat, dalam sepekan tak ada pemberitaan dengan sentimen negatif. Semua pemberitaan bersentimen positif. Pemberitaan sentimen positif muncul dari kehadiran Moeldoko dalam sejumlah acara seperti yang paling banyak diberitakan adalah acara pernikahan anak dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu pemberitaan dengan sentimen positif lainnya adalah pemberitaan yang memuat pernyataan Moeldoko dalam kapasitasnya sebagai KSP maupun jabatan lainnya seperti Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dan Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).