Soal Pengganti MenPAN RB Tjahjo Kumolo, Hasto: Setelah 40 Hari Akan Disampaikan
Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (VOI-Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) akan disampaikan setelah 40 hari meninggalnya Tjahjo Kumolo.

Hanya saja, dia tak mau mengungkap siapa nama yang diajukan dari PDIP. Hasto hanya menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih nama dari pengganti Tjahjo dari kadernya.

"Tentang nama-nama sudah dibahas secara mendalam dan nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri bersama dengan Presiden Jokowi setelah 40 hari wafatnya Pak Tjahjo akan menyampaikan siapa pengganti beliau," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 7 Agustus.

"Yang jelas itu berasal dari kader PDI Perjuangan," tegasnya.

Hasto mengungkap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi juga sudah beberapa kali mengadakan pertemuan. Sejumlah nama kader partai berlambang banteng yang cocok untuk menjabat sebagai MenPAN RB juga sudah dibisikkan ke telinga eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Secara khusus sudah disampaikan beberapa nama dan kemudian ada finalisasi dari beberapa nama itu," ungkapnya.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 karena sakit. Dia sempat dirawat intensif di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Untuk menggantikan Tjahjo, Jokowi beberapa kali menunjuk pelaksana tugas. Salah satunya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang menjabat mulai 4 Juli hingga 15 Juli 2022.

Kemudian, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai pelaksana tugas. Penunjukkan ini dilakukan pada 15 Juli lalu.