55 Sapi Mati Misterius: Pemerintah Gelar Penyelidikan, Polisi Buka Kasus Terkait Tempat Penampungan
Ilustrasi sapi di India. (Wikimedia Commons/ADARSHluck)

Bagikan:

JAKARTA - Kematian misterius puluhan sapi usai dikasih makan di salah satu penampungan, mengagetkan dan membuat pemerintah mengambil langkah penyelidikan, sementa polisi juga membuka kasus.

Sekitar 55 ekor sapi di daerah Hasanpun, Distrik Amroha, Negera Bagian Uttar Pradesh mati secara misterius pada Hari Kamis, mengagetkan banyak pihak, termasuk pemerintah negara bagian.

Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa sapi-sapi itu jatuh sakit tak lama setelah mereka diberi makan oleh staf di tempat penampungan, kata Hakim Distrik Amroha Bal Krishna Tripathi, kepada kantor berita India IANS.

Berbicara kepada surat kabar harian berbahasa Inggris, The Hindu, Tripathi mengatakan: "Tampaknya ini adalah kasus keracunan yang disengaja. Kami telah mengirimkan sampel untuk penyelidikan dan sedang menunggu laporan," seperti melansir Sputnik News 5 Agustus.

Petugas dari Dinas Peternakan dan dokter hewan langsung dikerahkan ke lokasi untuk merawat sapi tersebut. Sementara, sebuah kasus polisi telah diajukan terhadap orang yang memberikan pakan ke tempat penampungan.

"Siapa pun yang dinyatakan bersalah tidak akan diampuni," kata seorang juru bicara resmi.

Menurut laporan media, lebih dari 180 ekor sapi terdaftar di penampungan di desa tersebut. Sebuah tim dokter hewan telah dipanggil untuk merawat sapi-sapi lain yang sakit.

Diketahui, Kepala Pemerintahan Negara Bagian Uttar Pradesh Yogi Adityanath telah menginstruksikan Menteri Peternakan Dharampal Singh, untuk menyelidiki kasus tersebut.