Moderenisasi Militernya Sesuai Standar NATO, Makedonia Utara Sumbang Tank Tempur Utama Era Uni Soviet untuk Ukraina
Ilustrasi militer Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Makedonia Utara berencana untuk menyumbangkan sejumlah tank era Uni Soviet yang tidak ditentukan ke Ukraina, seiring rencana untuk melakukan moderenisasi militernya.

Dalam pengumuman Hari Jumat, Kementerian Pertahanan Makedonia Utara mengatakan, langkah moderenisasi penting dilakukan utuk memenuhi standar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan Ukraina akan menerima tank milik batalyon tank negara Balkan barat yang sedang dalam proses upgrade.

"Dengan mempertimbangkan situasi ini dan persyaratan kementerian pertahanan Ukraina, pemerintah telah memutuskan bahwa sejumlah kapasitas (tank) ini akan disumbangkan ke Ukraina, sesuai dengan kebutuhannya," kata pernyataan itu," dikutip dari Reuters 30 Juli.

Kementerian tidak merinci jumlah tank, tetapi mengatakan mereka memiliki generasi ketiga yang disebut tank tempur utama dari tahun 1970-an dan 1980-an yang memiliki lapis baja komposit dan sistem kontrol penembakan yang distabilkan komputer.

Diketahui, Makedonia Utara, bekas republik Yugoslavia, adalah anggota NATO dan kandidat untuk bergabung dengan Uni Eropa. Ia, seperti negara-negara Barat lainnya, telah menyumbangkan peralatan militer ke Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari lalu.