Artefak dari Situs Buddha Bamiyan yang Dihancurkan Taliban, Dicuri dari Penyimpanan saat Kekacauan Afghanistan Tahun Lalu
Situs Buddha kuno di Lembah Bamiyan, Afghanistan. (Wikimedia Commons/Afghanistan Matters)

Bagikan:

JAKARTA - Artefak dari salah satu dari dua patung Buddha yang dihancurkan oleh Taliban pada tahun 2001 di situs Bamiyan yang terkenal di Afghanistan tengah, dicuri dari penyimpanan segera setelah kelompok tersebut kembali berkuasa Agustus tahun lalu, menurut orang-orang yang mengetahui kasus tersebut.

Sutra Buddha yang dicuri dan tas goni yang disimpan di gudang tim arkeologi Jerman di Bamiyan, diyakini sebagai penemuan tingkat pertama yang dapat menjelaskan penciptaan tebing ukiran Buddha Agung abad keenam di situs Warisan Dunia UNESCO.

“Barang-barang bersejarah yang sangat berharga yang memberi tahu kita, jenis pemikiran apa yang telah diberikan orang-orang kepada para Buddha agung pada saat penciptaan mereka telah hilang,” kata Takashi Irisawa, seorang ahli budaya Buddhis dan presiden Universitas Ryukoku di Kyoto, Jepang barat, melansir Kyodo News 29 Juli.

"Ini menghancurkan," tandasnya.

Pada tahun 2001, ketika Taliban berkuasa sebelumnya, mereka meledakkan dua patung tersebut karena keyakinan mereka, berdasarkan interpretasi agama yang ekstrem, bahwa penyembahan berhala itu dilarang.

Sementara, diketahui sutra dan karung rami ditemukan oleh tim Jerman antara tahun 2006 dan 2008.

Sutra itu ditemukan di reruntuhan "Buddha Timur." Itu ditulis dalam naskah yang digunakan pada abad keenam hingga ketujuh, diyakini disimpan di dalam patung. Tas itu ditemukan di lengan kanan patung.

Taliban menguasai ibu kota Kabul pada 15 Agustus. Artefak itu dicuri dari gudang pada hari berikutnya setelah seseorang masuk, menurut orang-orang yang mengetahui kasus tersebut.

Kepala Buddha yang digali dan barang-barang lainnya, dijarah dari fasilitas penyimpanan tim arkeologi Prancis sekitar waktu pengambilalihan Taliban. Gudang itu menyimpan artefak berharga yang digali dari sekitar "Buddha Timur."

Di situs Bamiyan, pusat budaya yang akan berfungsi ganda sebagai museum sedang dibangun di atas bukit yang menghadap ke tempat dua patung raksasa dulu, dengan konstruksi bangunan utamanya sudah selesai.

Terpisah, seorang pejabat dari Kementerian Informasi dan Kebudayaan Afghanistan menyesalkan hilangnya artefak-artefak berharga itu, dengan mengatakan, benda-benda itu seharusnya menjadi daya tarik wisata utama di museum itu.

Pada tahun 2003, lansekap budaya dan sisa-sisa arkeologi Lembah Bamiyan secara bersamaan dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO dan Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya.