Cari Korban Tenggelam di Kali BKB Gambir, Tim SAR Kerahkan Tim Penyelam
Tim SAR melakukan pencarian terhadap korban di kali BKB Gambir/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pemuda bernama Muhammad Aldi (22) hilang tenggelam tersapu arus aliran air di Kali Banjir Kanal Barat (BKB), Jembatan Jeling Roxy, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juli.

Berdasarkan keterangan saksimata kejadian, korban sebelumnya terlihat sudah tenggelam dan timbul ke permukaan air. Namun karena derasnya aliran bawah Kali BKB, tubuh korban akhirnya kembali tenggelam dan hilang.

Kemudian, warga melaporkan ke kantor SAR Jakarta. Setelah mendapatkan laporan, petugas Kantor SAR Jakarta mengirim tim rescue ke lokasi kejadian dengan kelengkapan peralatan SAR air.

"Kami lakukan pencarian dengan optimal terhadap korban. Semoga korban dapat segera ditemukan," kata Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi, Fazzli kepada wartawan, Rabu, 27 Juli.

Lebih lanjut, Fazzli menjelaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan unsur SAR gabungan yang ada di lapangan dan membagi area pencarian menjadi 3 (tiga).

"SRU pertama melakukan pencarian menggunakan Rubber Boat dengan jarak 4 KM dari lokasi kejadian. SRU kedua melakukan pencarian visual jalur darat dengan jarak 3 KM dari lokasi kejadian," ujarnya.

Selanjutnya untuk tim SRU ketiga, pencarian korban dilakukan dengan Aqua Eye dan USD.

"Penyelaman di sekitar lokasi kejadian juga dilakukan dengan radius 10 Meter," paparnya.

Dalam pencarian itu, tim SAR gabungan yang dikerahkan yakni Kantor SAR Jakarta, Polsek Metro Gambir, BPBD DKI Jakarta, Damkar Kelurahan Cideng dan Koramil serta relawan SAR lainnya.