Amerika Serikat Umumkan Bantuan Militer Baru untuk Ukraina: Ada HIMARS, 580 Pesawat Tak Berawak Phoenix Ghost dan 36 Ribu Butir Amunisi Meriam
Ilustrasi HIMARS (Sumber: Defense.gov/Marine Corps/Cpl. Patrick King)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Ukraina Alexey Reznikov membahas bantuan militer ke Ukraina dalam percakapan telepon baru-baru ini, termasuk pasokan tambahan peluncur roket ganda HIMARS, kata Pentagon, Selasa.

“Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III berbicara dengan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov hari ini, untuk membahas hasil pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina baru-baru ini dan bantuan keamanan yang sedang berlangsung ke Ukraina, untuk memasukkan komitmen AS baru-baru ini tentang Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi tambahan. (HIMARS)," kata Penjabat Sekretaris Pers Pentagon Todd Breasseale dalam sebuah pernyataan, melansir TASS 27 Juli.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Austin meyakinkan Menteri Reznikov bahwa Amerika Serikat bergerak secepat mungkin untuk mengirimkan peralatan ke Ukraina, kata pernyataan itu.

Sebelumnya, Kepala kantor kepresidenan Ukraina Andrey Yermak mengatakan pada 24 Juli, anggota Kongres Amerika Serikat berjanji untuk menyediakan hingga 30 sistem dan amunisi HIMARS.

Diketahui, mengutip situs Defense.gov, Pentagon mengumumkan paket bantuan keamanan terbaru, meliputi empat sistem HIMARS tambahan, yang akan memberi Ukraina total 16 sistem; empat kendaraan pos komando; senjata anti-armor tambahan, suku cadang dan perlengkapan lainnya; dan 36.000 butir amunisi 105 mm.

pengiriman bantuan untuk ukraina
Pengiriman amunisi untuk Ukraina. (Sumber: Defense.gov/Air Force Senior Airman Faith Schaefer)

"Ini adalah amunisi yang sebenarnya akan mendukung donasi yang dibuat oleh Inggris untuk Howitzer, dan ini adalah sesuatu yang cukup sering kami lakukan di mana kami mencocokkan negara-negara yang mungkin memiliki satu bagian dari kemampuan dengan negara donor lain untuk membuat yang lengkap. kemampuan untuk Ukraina," kata pejabat senior pertahanan.

"Ini adalah sesuatu yang telah difasilitasi EUCOM melalui sel mereka di Stuttgart, Jerman," sambungnya.

Paket bantuan ini mencakup skeitar 175 juta dolar peralatan yang ditarik dari stok militer AS yang ada melalui otoritas penarikan presiden, serta 95 juta dolar AS dalam peralatan dari Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, atau dana USAI, kata seorang pejabat senior pertahanan selama pengarahan singkat di Pentagon.

Sebagai bagian dari pengeluaran USAI 95 juta dolar AS, Departemen Pertahanan juga telah berkomitmen untuk mengirim sebanyak 580 tambahan sistem pesawat tak berawak taktis Phoenix Ghost ke Ukraina. Di bawah USAI, sistem ini akan dibeli dari produsen sehingga dapat dikirim ke militer Ukraina.

"Ukraina telah memanfaatkan sistem Phoenix Ghost dengan sangat baik. Dan dengan sistem Phoenix Ghost, apa yang dapat kami lakukan adalah memastikan pengiriman yang stabil kemampuan ini mulai Agustus untuk memastikan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina memiliki pasokan kemampuan ini secara terus-menerus," tandas pejabat senior tersebut.