Bagikan:

JAKARTA - Negara-negara Barat bersaing satu sama lain untuk mengambil langkah melawan Rusia, tetapi mereka kehabisan tindakan untuk menekan Moskow, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan, Selasa.

Ketika mengomentari kemungkinan larangan penerbitan visa Schengen ke Rusia, dia berkata: "Kita dapat melihat bahwa negara-negara Uni Eropa dan negara-negara Amerika Utara benar-benar bersaing satu sama lain untuk mengambil tindakan tidak bersahabat terhadap Rusia," seperti melansir TASS 26 Juli.

"Namun, kami juga dapat melihat bahwa mereka kehabisan tindakan yang mereka harapkan akan menekan kami dan membuat kami mengubah posisi kami, meskipun itu adalah keyakinan yang salah," tukas Peskov.

Lebih jauh, Juru Bicara Kremlin menekankan bahwa Moskow akan bereaksi sangat negatif dan mengambil tindakan jika Finlandia membatasi pemberian visa kepada Rusia; namun, Rusia berharap inisiatif seperti itu tidak akan dilaksanakan.

“Reaksi Rusia akan negatif; sejauh yang kami pahami, sejauh ini ide ini belum dilaksanakan; semoga tidak [diimplementasikan]. Tapi, tentu saja, setiap kegiatan seperti itu terhadap warga Rusia akan memicu tindakan balasan, tanggapan," tegas.

Dia menambahkan, reaksi Moskow terhadap keputusan Finlandia semacam itu akan "dapat dimengerti dan cukup dapat diprediksi".