Jambret Handphone di Matraman Kabur ke Arah Pulogadung, Dikejar Warga Sampai Jatuh di Rawamangun
Ilustrasi Freepik

Bagikan:

JAKARTA - Terdesak kebutuhan ekonomi, dua orang pemuda berinisial AR (23) dan HA (25) nekat menjambret handphone milik warga di Jalan Pramuka masuk wilayah Senen, Jakarta Pusat. Pelaku sebelum tertangkap melarikan diri ke arah Pulogadung Jakarta Timur, namun berhasil ditangkap warga.

Kedua pelaku berhasil ditangkap warga di Jalan Haji Ten, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Pelaku ditangkap setelah dikejar oleh warga yang melakukan pengejaran dari wilayah Jakarta Pusat.

Kanit Reskrim Polsek Pulogadung, AKP Heru Sugiarto mengatakan, kejadian itu bermula saat korban pria berinisial DS sedang memainkan handphone di tepi jalan.

Kemudian, dijambret oleh dua pelaku pria berinisial AR (23) dan HA (25) yang mengendarai sepeda motor.

"Korban lagi main handphone di pinggir jalan terus diambil. TKP tempat kejadian perkara (TKP) ada di Jalan Pramuka masuk wilayah Senen, Jakarta Pusat. Satu handphone yang dicuri," kata Heru kepada wartawan, Sabtu, 23 Juli.

Lanjutnya, korban pun mengejar kedua pelaku yang langsung melarikan diri dengan naik motor. Kedua pelaku kabur hingga masuk ke wilayah Pulogadung, Jakarta Timur.

Pada akhirnya, karena panik terus dikejar, kedua pelaku terjatuh di Jalan Haji Ten, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur.

Sebelum massa menghakimi pelaku, penjaga kemanan lingkungan setempat langsung memasukkannya ke Poskamling.

"Dikejar sama korban terus jatuh diamankan warga," ujarnya.

Lanjut Heru, pihaknya pun datang ke pos tersebut untuk mengamankan situasi sambil menunggu anggota polisi dari Polsek Senen datang guna membawa pelaku.

Alasan kedua pelaku melakukan aksi penjambretan handphone karena terdesak kebutuhan ekonomi.

"Alasan menjambret buat kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Kemudian, pihak Polsek Senen pun membawa kedua pelaku untuk diproses lebih lanjut. Adapun handphone milik korban juga turut diamankan sebagai barang bukti.

"HP dan pelaku diamankan ke Polsek Senen. Handphone dibawa sebagai barang bukti. Kalau merek handphone yang dicuri, Xiaomi Note 10S warna putih," ucapnya.