Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat kini tak perlu lagi repot dalam mengatur akomodasi liburan ke Kepulauan Seribu. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu telah mengembangkan aplikasi penunjang wisata, yakni pulo1000.

Aplikasi ini dapat diunduh lewat Play Store dan App Store dari ponsel masing-masing. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu Puji Astuti mengungkapkan, aplikasi ini memudahkan para wisatawan untuk mendapat fasilitas liburan pada kepulauan yang terletak di utara Jakarta tersebut.

"Aplikasi ini adalah salah satu jawaban dari permasalahan wisatawan yang merasa sulit mendapatkan fasilitas wisata di Pulau Seribu," kata Puji saat ditemui VOI di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa, 12 Juli.

Pemakaian aplikasi pulo1000 ternyata cukup mudah. Usai mengunduh aplikasi, wisatawan perlu membuat akun sebelum melakukan pemesanan.

Adapun fasilitas akomodasi yang bisa dipesan di aplikasi ini adalah tiket kapal, resort dan homestay, paket wisata, produk kuliner UMKM, aktivitas wisata, penyewaan transportasi, info event, hingga pelayanan berbagai jasa.

Puji mengungkapkan, saat ini sudah ada lebih dari 200 pelaku usaha yang menyediakan pelayanan wisata dalam aplikasi pulo1000. Sementara, kegiatan penggunaan pada aplikasi ini sudah mencapai 50 ribu kali.

Puji mengaku memang belum semua pelaku usaha telah mendaftar dan bergabung dalam pelayanan aplikasi pulo1000. Sebab, sebelum produk usahanya dimasukkan dalam aplikasi, ada proses verifikasi yang perlu dilakukan.

"Memang belum semua UMKM masuk. Karena, kalau masuk di aplikasi itu, memang ada verifikasi terlebih dahulu oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis). Salah satu persyaratan dalam verifikasi adalah harus memiliki perizinan usaha," ujar Puji.

Sebagai informasi, aplikasi pulo1000 diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Mandalika Experience Expo, di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu, 20 Maret 2022.

Peluncuran ini bertepatan dengan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Disebutkan, pulo1000 merupakan satu-satunya aplikasi penyedia akomodasi yang dikembangkan pada lingkup kabupaten/kota di Indonesia.