TNI AD Buka 9 Hektare Lahan Tidur di Natuna, Ditanami Jagung, Ubi dan Singkong
Anggota TNI Kodim 0318/Natuna saat melakukan pembukaan lahan tidur di Natuna, Kepri, Selasa 12 Juli. ANTARA/HO-Kodim 0318/Natuna

Bagikan:

NATUNA - Kodim 0318 Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuka lahan tidur seluas 9 hektare untuk ditanami jagung, ubi hingga singkong.

Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Arh Agus Sungkowo mengatakan upaya ini merupakan bagian dari program bidang ketahanan pangan TNI AD di Natuna tahun 2022.

"Ketahanan pangan akan menjadi kunci dalam menghadapi ancaman krisis pangan di masa pandemi COVID-19. Penanaman jagung dan ubi kayu bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan," kata Agus melalui siaran pers, dikutip Antara, Selasa 12 Juli.

Ia juga menyebutkan, dengan menciptakan ketahanan pangan akan menjadi kunci dalam menghadapi ancaman krisis pangan di masa mendatang.

"Penanaman jagung, ubi kayu dan singkong bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sebagai pengganti beras pada saat yang genting," ujar Agus.

Menurut Kapten Agus, penanaman dan perawatan jagung, ubi kayu dan singkong, sangat mudah sehingga tidak khawatir gagal panen.

"Ini menjadi salah satu solusi pengganti beras sebagai konsumsi sehari-hari dalam keadaan darurat pangan," tuturnya.

Selain itu, dengan memanfaatkan lahan lahan tidur yang ada untuk di jadikan lahan ketahanan pangan, nantinya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Agus juga menyatakan Kodim 0318/Natuna saat ini telah menyulap satu hektare semak belukar menjadi tanaman jagung dan ubi kayu.

"Penanaman ketahanan pangan ini juga dilaksanakan oleh koramil-koramil jajaran secara serentak masing-masing 1 hektare sehingga total lahan yang dibuka seluas 9 hektare," tandasnya.