2.300 Ternak di Rembang Sudah Disuntik Vaksin PMK
Dokter hewan memeriksa sapi guna mencegah penyebaran wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK). (Antara-Rivan Awal L)

Bagikan:

REMBANG - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tembus 2.300 ternak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Angka itu berarti 76,67 persen dari target suntik vaksin PMK sebanyak 3.000 ekor.

"Kami optimis akhir pekan ini bisa selesai melakukan vaksinasi terhadap 3.000 ekor ternak sesuai dengan vaksin yang tersedia sebanyak 3.000 dosis" kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto di Rembang, dikutip dari Antara, Kamis 7 Juli.

Apalagi, ternak yang menjadi sasaran vaksinasi sudah tersedia. Belum lagi dengan animo peternak yang menginginkan ternaknya juga divaksin PMK.

Sebelumnya, imbuh dia, pihaknya memang sudah melakukan pendataan ternak yang menjadi sasaran vaksin PMK, namun akhir-akhir ini justru banyak permintaan dari peternak sendiri.

Di antaranya, ada permintaan vaksinasi PMK dari peternak di Kecamatan Sale. Karena sudah ada pendataan sebelumnya, nantinya akan ada skala prioritas vaksinasi di lapangan.

 

Hasil monitoring di lapangan, hewan ternak yang sudah menerima vaksin PMK tidak ada permasalahan.

Sementara menghadapi pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, pihaknya juga akan menerjunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban untuk memastikan tidak ada hewan kurban yang terpapar penyakit, terutama PMK.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang juga sudah menyiapkan 44 personel, sebanyak empat orang di antaranya merupakan dokter hewan yang akan bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban.