Tersangka Penembakan Parade HUT AS Beli Lima Senjata, Senapan dan Pistol Secara Legal: Koleksi 16 Pisau, Belati hingga Pedang
Ilustrasi toko senjata api di Amerika Serikat. (Wikimedia Commons/Thayne Tuason)

Bagikan:

JAKARTA - Robert Crimo, tersangka berusia 21 tahun yang menghadapi tujuh tuduhan pembunuhan tingkat pertama, usai mengumbar tembakan saat parade HUT Kemerdekaan Amerika Serikat 4 Juli, ternyata memiliki koleksi yang tidak biasa dan sudah menarik perhatian aparat keamanan.

Sersan Chris Covelli, juru bicara kantor Sheriff Lake County mengungkapkan, Crimo secara legal membeli lima senjata, senapan dan pistol, meskipun telah menjadi perhatian penegak hukum pada dua kesempatan sebelumnya, karena dugaan perilaku yang menunjukkan bahwa dia mungkin membahayakan dirinya sendiri atau orang lain, melansir Reuters 7 Juli.

Contoh pertama adalah panggilan darurat 911 April 2019 yang melaporkan Crimo telah mencoba bunuh diri, diikuti pada Bulan September tahun itu, dengan kunjungan polisi mengenai dugaan ancaman "untuk membunuh semua orang" yang dia arahkan kepada anggota keluarga," kata Covelli.

Polisi yang menanggapi insiden kedua menyita koleksi 16 pisau, belati dan pedang yang dikumpulkan oleh Crimo di rumahnya, meskipun tidak ada penangkapan yang dilakukan karena pihak berwenang pada saat itu tidak memiliki kemungkinan alasan untuk menahannya, sebut Covelli.

Diketahui, Crimo lolos dari perlindungan undang-undang 'Red Flag' Illinois yang dirancang, untuk mencegah orang yang dianggap memiliki kecenderungan kekerasan untuk mendapatkan senjata.

Polisi negara bagian mengatakan, pisau-pisau itu dikembalikan ke keluarga di kemudian hari, pada hari mereka disita setelah sang ayah memberi tahu pihak berwenang, pisau itu miliknya dan disimpan di lemari putranya untuk diamankan.

penembakan chicago
Petugas di lokasi usai penembakan Highland Park Chicago. (Wikimedia Commons/Meme Star27)

Polisi negara bagian mengakui telah menerima laporan dari pihak berwenang setempat, yang menyatakan Crimo sebagai'"bahaya nyata dan sekarang', setelah dugaan ancaman pada September 2019 terhadap keluarganya.

Polisi negara bagian mengatakan mereka menutup masalah ini setelah menentukan, Crimo pada saat itu tidak memiliki kartu identitas pemilik senjata untuk dicabut atau permohonan untuk ditolak.

Tak satu pun dari insiden 2019 muncul dalam empat pemeriksaan latar belakang yang dilakukan selama pembelian senjata api berikutnya, tambah mereka.

Diberitakan sebelumnya, enam orang tewas dan 36 lainnya luka-luka akibat penembakan saat parade HUT AS di pinggiran Chicago Highland Park. Polisi langsung menangkap Crimo tak lama usai peristiwa memilukan itu terjadi.

Crimo muncul di sidang ikatan melalui tautan video dari penjara, dua hari setelah serangan di Highland Park, Illinois. Mengenakan pakaian hitam dan rambut sebahu, Hakim Theodore Potkonjak menolak permohonan penjaminan yang diajukan oleh Crimo.

"Dia memang menimbulkan, pada kenyataannya, ancaman khusus dan sekarang bagi masyarakat," jelas hakim dalam memerintahkan agar Crimo ditahan.

Ben Dillon, seorang jaksa wilayah, mengatakan kepada pengadilan, tersangka telah mengakui serangan 4 Juli setelah dia ditangkap. Tidak ada pembelaan yang masuk dalam persidangan.

Sebelumnya, Presiden Joe Biden mengatakan dia dan istrinya Jill "terkejut dengan kekerasan senjata yang tidak masuk akal yang sekali lagi membawa kesedihan bagi komunitas Amerika pada Hari Kemerdekaan ini."