Rusia akan Pasok Rudal Berkemampuan Nuklilr Iskander-M dan <i>Upgrade</i> Jet Tempur Belarusia Usai Presiden Putin Temui Lukashenko
Ilustrasi Presiden Belarusia Alexander Lukashenko bersama Presiden TRusia Vladimir Putin. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Hubungan Rusia dan Belarusia kian mesra, di tengah konflik yang terjadi di Ukraina dan ketegangan dengan negara-negara Barat, di mana Presiden Vladimir Putin janjikan peningkatan kekuatan militer kepada Presiden Alexander Lukashenko.

Moskow akan memasok sistem rudal Iskander-M ke Minsk dalam beberapa bulan mendatang, kata Presiden Putin pada pembukaan pembicaraan dengan timpalannya Presiden Lukashenko pada akhir pekan.

"Seperti yang telah Anda dan saya sepakati, Anda menanyakan hal ini, kami membuat keputusan. Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan memasok Belarusia dengan sistem rudal taktis Iskander-M yang, seperti diketahui, dapat menggunakan rudal balistik dan rudal jelajah. baik dalam standar dan modifikasi nuklir," ujar Presiden Putin, dikutip dari TASS 27 Juni.

Pemimpin Rusia juga mengusulkan untuk menginstruksikan menteri pertahanan dan kepala staf Rusia dan Belarusia, guna mengerjakan semua detail yang terkait dengan masalah ini.

"Saya sangat setuju," ujar Presiden Lukashenko.

"Ini kesepakatan," simpul Presiden Putin.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Presiden Putin juga menawarkan Belarusia untuk meng-upgrade pesawat serang Sukhoi Su-25 yang digunakan oleh Belarus di pabrik-pabrik Rusia.

Diketahui, Presiden Lukashenko meminta tanggapan yang memadai terhadap pelatihan penerbangan pesawat NATO di dekat perbatasan Belarusia selama pembicaraan.

Presiden Rusia mencatat, sejumlah besar pesawat Su-25 yang dimiliki Belarusia dapat dipasang kembali. Namun, modernisasi ini harus dilakukan di pabrik-pabrik pesawat di Rusia.

"Tetapi, Anda dan saya akan mencapai kesepakatan kapan harus melakukan ini,s erta mulai melatih staf penerbangan yang sesuai," tandasnya.

Untuk diketahui, pembicaraan akhir pekan kedua pemimpin negara tersebut, menandai 30 tahun hubungan diplomatik Belarusia dengan Rusia.