Pidato di Peringatan Hari Kemenangan, Presiden Putin: Perang Telah Dilancarkan Terhadap Rusia, Moskow akan Menyelesaikannya
Presiden Vladimir Putin dalam peringatan Hari Kemenangan Tahun 2023. (Sumber: Russian Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia menggelar parade militer untuk memperingati 78 tahun Hari Kemenangan (Victory Day) atas Nazi dalam Perang Dunia II pada tahun 1941-1945, yang digelar lapangan Merah Moskow, Selasa.

Pawai dimulai dengan kelompok Pengawal Kehormatan yang membawa bendera nasional Rusia dan Bendera Kemenangan legendaris melintasi Lapangan Merah. Bendera Kemenangan dikibarkan di atas Reichstag oleh tentara Divisi Senapan Idritsa ke-150 Soviet pada Mei 1945.

Presiden Rusia Vladimir Putin, veteran perang, dan tamu menyaksikan pawai dari tribun pusat di Lapangan Merah, termasuk sejumlah pemimpin negara dan kepala pemerintahan negara sahabat.

Di antaranya Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev, Presiden Kirgistan Sadyr Japarov, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, Presiden Turkmenistan Serdar Berdimuhamedow, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, hingga Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan, melansir TASS 9 Mei.

Menteri Pertahanan Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoigu menginspeksi parade militer yang dipimpin oleh Panglima Angkatan Darat Jenderal Angkatan Darat Oleg Salyukov.

voctory day in russia
Ilustrasi parade Victory Day di Rusia. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru)

Dalam pidatonya di peringatan tahun ini, Presiden Vladimir Putin mengatakan, perang telah dilancarkan terhadap Rusia. Tetapi, Moskow akan menyelesaikannya.

"Hari ini, peradaban sekali lagi berada pada titik balik yang menentukan, (dan) perang nyata telah dilancarkan melawan Tanah Air kita. Tapi kami menangkis terorisme internasional, (dan) kami akan melindungi penduduk Donbass, memastikan keamanan kami," ujar Presiden Putin dalam pidato untuk memperingati 68 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, seperti mengutip Sputnik News.

Tahun ini, Parade Hari Kemenangan Rusia di Lapangan Merah Moskow melibatkan lebih dari 8.000 tentara, termasuk 530 pejuang operasi militer khusus di Ukraina dan lebih dari 100 perangkat keras militer.

Kolom infanteri terdiri dari 30 unit parade. Tank T-34 yang legendaris secara tradisional memimpin kolom mekanis di Victory Day Parade. Kolom mekanik parade militer juga melibatkan kendaraan lapis baja Tigr-M, pengangkut personel lapis baja BTR-82A, kendaraan tempur infanteri Bumerang, sistem rudal taktis Iskander-M, sistem rudal anti-pesawat S-400 Triumf dan rudal balistik antarbenua jalan-jalan Yars ( ICBM) peluncur. Kendaraan lapis baja Spartak dan 3-STS-Akhmat ikut serta dalam parade militer untuk pertama kalinya.

Sementara, parade kekuatan udara di atas Lapangan Merah Moskow tidak berlangsung tahun ini.