Saat Ganjar Pranowo Tak Sengaja Bertemu AHY Usai Rakernas PDIP
AHY dan Ganjar/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu di Masjid Nurul Hidayah Brawijaya, Jakarta Selatan saat melaksanakan ibadah salat Jumat. Keduanya kompak mengatakan pertemuan tersebut tak terencana.

Dalam sebuah video yang berdurasi 20 detik dan tersebar, Ganjar dan AHY tampak bertemu saat momen salat Jumat.

Kader PDI Perjuangan (PDIP) itu tampak menggunakan kemeja putih dan peci hitam. Sementara AHY tampak menggunakan kemeja hitam bercorak cokelat muda.

Dalam momen tersebut, AHY sempat bertanya kepada Ganjar mengenai acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan (PDIP) yang digelar pada 21-23 Juni 2022.

"Kemarin lancar ya Rakernas," kata AHY.

Pertanyaan itu dijawab Ganjar dengan menyebut Rakernas PDIP berjalan lancar. Ganjar juga menyinggung selama agenda tersebut dia menginap di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ya alhamdulillah alhamdulillah, nge-camp dulu kita," jawab Ganjar.

Tak hanya menangkap pertemuan Ganjar-AHY, video tersebut juga menunjukkan kehadiran Wakil Presiden 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla (JK). Di masjid yang sama, dia tampak menyapa warga yang baru selesai salat Jumat.

Kompak menyebut pertemuan hanya Salat Jumat tak lebih

Video yang beredar ini kemudian ditanggapi Ganjar. Mantan anggota DPR RI tersebut mengatakan dia memang salat di masjid dekat rumahnya.

"(Bertemu AHY, red) di masjid dekat rumah," kata Ganjar saat dihubungi VOI melalui pesan singkat, Jumat, 24 Juni.

Ganjar tak menjelaskan lebih lanjut soal pembicaraannya dengan AHY. Hal yang sama juga disampaikan oleh AHY.

Usai bertemu Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, anak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mengatakan dirinya hanya menjalankan ibadah di masjid dan tak sengaja bertemu Ganjar.

"Jumatan saja," kata AHY singkat sambil tertawa kepada wartawan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Juni.

Perihal pertemuan tersebut juga ditanggapi oleh Partai Demokrat. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan dua tokoh ini memang tak sengaja bertemu di masjid.

"Pas lagi Jumatan bareng aja. Di Masjid Nurul Hidayah Brawijaya, Jaksel," kata Herzaky saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 24 Juni.

"Orang-orang baik bertemu di tempat yang baik," imbuhnya.

Bantah bertemu JK di masjid yang sama

Saat dihubungi, Ganjar juga menyebut dirinya tak tahu bahwa JK juga berkunjung ke masjid yang sama seperti video yang beredar.

"Oh ya (ada JK di masjid yang sama, red)? Saya malah tidak tahu," tegasnya.

Begitu juga AHY. Dia hanya menjawab singkat ketika ditanya apakah sempat bertemu dengan JK.

"Tidak (bertemu JK, red)," jawab AHY sambil menggelengkan kepala.

Diketahui, Ganjar dan sejumlah gubernur yang diusung PDIP mengikuti Rakernas selama tiga hari. Saat penutupan, Ganjar bahkan didapuk untuk membacakan salah satu rekomendasi hasil Rakernas mengenai Pilpres 2024.

Salah satu poin rekomendasi yang dibacakannya adalah terkait pencalonan presiden dan wakil presiden di mana penunjukannya adalah hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.