Obama: Trump Iri COVID-19 Lebih Populer di Mata Media Ketimbang Dirinya
Melania, Donald Trump bersama Barrack dan Michelle Obama (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kembali melemparkan kritik keras terhadap Presiden Donald Trump. Obama kembali mengkritik tindakan Trump dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan menyalahkannya karena mengubah Gedung Putih menjadi 'zona panas.' 

"Lebih dari 225.000 orang di negara ini tewas. Lebih dari 100.000 bisnis kecil ditutup. Setengah juta pekerjaan hilang hanya di Florida saja. Pikirkan tentang itu," kata Obama, berbicara saat berkampanye untuk calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Dia melanjutkan, "Dan apa argumen penutupnya? Bahwa orang terlalu fokus pada COVID-19. Dia mengatakan ini di salah satu kampanye. COVID, COVID, COVID, dia mengeluh. Dia cemburu dengan liputan media terhadap COVID-19. Jika dia fokus pada COVID-19 dari awal, kasus tidak akan mencapai rekor tertinggi baru di seluruh negeri minggu ini."

Mengutip CNN, Rabu, 28 Oktober, Obama berkampanye untuk mantan wakil presidennya untuk kedua kalinya dalam empat hari di Florida. Negara medan pertempuran utama ini dapat memainkan peran yang menentukan dalam hasil pemilu.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan persaingan ketat antara Trump dan Biden. Pidato Obama di Florida dibangun di atas teguran keras terhadap Trump yang dia sampaikan minggu lalu di Pennsylvania, langkah pertamanya ke jalur kampanye sejak pidato di Konvensi Nasional Demokrat. 

Obama menuduh Trump gagal mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menahan virus di seluruh negeri dan di Gedung Putih. Obama juga menunjuk wabah kedua baru-baru ini di antara staf Gedung Putih, yang menginfeksi beberapa asisten termasuk kepala staf Wakil Presiden Mike Pence, Marc Short.

"Izinkan saya mengatakan ini: Saya pernah tinggal di Gedung Putih untuk beberapa waktu," kata Obama. "Anda tahu, ini lingkungan yang terkendali. Anda dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan di Gedung Putih untuk menghindari orang sakit. Kecuali, orang ini tampaknya tidak dapat melakukannya. Dia mengubah Gedung Putih menjadi zona panas."

Pidato Obama menunjukkan bagaimana dia mengawasi berita sehari-hari tentang Trump. Selain itu, pidato Obama juga menunjukkan bagaimana tim kampanye Biden mengerahkan Obama untuk menyampaikan beberapa serangan paling keras terhadap Trump dan pemerintahannya.

Mantan presiden biasanya menghindari serangan langsung terhadap penerusnya di Gedung Putih. Tetapi Obama kini menyampaikan kritik keras terhadap Trump saat berkampanye untuk Biden. Tetapi Trump, dengan cara dia terus-menerus menyerang Obama. Trump bahkan menyarankan agar Obama didakwa karena telah mengubah perhitungan dengan berada di jalur kampanye.

Demokrat berharap Obama dapat membantu membangkitkan antusiasme di antara basis Partai Demokrat dan mendorong pria kulit hitam, Latin, dan pemilih yang lebih muda di negara bagian medan pertempuran untuk keluar dan memilih. 

"Dengar, musim dingin akan tiba," kata Obama. "Mereka mengibarkan bendera putih penyerahan diri. Florida, kami tidak mampu menghadapi empat tahun lagi untuk ini." Obama kembali menambahkan, "Kita tidak bisa menanggung ketidakmampuan dan ketidakpedulian semacam ini."