Barack Obama dan George Clooney Bantu Penggalangan Dana untuk Kampanye Joe Biden
Barack Obama dan Joe Biden (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama dan Aktor George Clooney turun tangan membantu penggalangan dana untuk kampanye calon presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden. Penggalangan dana dilakukan dengan cara melakukan percakapan virtual.  

Mereka yang hendak menyaksikan percakapan virtual tersebut harus membayar tiket seharga 250 dolar AS hingga 250.000 dolar AS per orang. Hasil penjualan itu nantinya akan disalurkan untuk komite kampanye Biden, Dana Kemenangan Biden, Komite Nasional Demokrat dan beberapa perwakilan Partai Demokrat di banyak negara bagian.

Melansir Reuters, Rabu 29 Juli, penggalangan dana untuk Biden bukan kali pertama dilakukan Obama. Pada Juni, ia juga pernah mengadakan penggalangan dana untuk mantan rekannya saat menjadi presiden. 

Acara tersebut menghasilkan lebih dari 11 juta dolar AS. Biden akan menghadapi Presiden Donald Trump dalam Pilpres AS yang diselenggarakn pada 3 November.

Obama sebelumnya bersikap netral dalam konvensi pemilihan calon presiden Partai Demokrat, yang diikuti lebih dari dua lusin kandidat. Tapi pada April lalu Presiden AS ke-44 itu mendukung Biden setelah Bernie Sanders dari Vermont mundur dari bursa capres.

Biden dan Obama bertemu dalam beberapa pekan terakhir di kantor milik Obama. Mereka merekam percakapan dengan menerapkan jaga jarak sosial. Kampanye Biden yang ditampilkan secara daring tersebut berubah menjadi iklan.

Pandemi COVID-19 telah memaksa Biden untuk mengadakan kampanye secara daring. Pasalnya, penggalangan dana secara virtual telah terbukti lebih efektif. Hal itu membantunya dan kelompok-kelompok Demokrat mengalahkan Trump dan kelompok-kelompok Republik pada Mei dan Juni.

Biden juga sempat memberikan pidato di Wilmington, Delaware, pada Selasa 28 Juli. Dalam acara pidato tersebut, ia menjabarkan cata mengatasi rasisme sistemik dan ketidaksetaraan ekonomi di AS. Salah satunya dengan merevitalisasi ekonomi AS yang hancur karena terdampak pandemi COVID-19. 

Untuk diketahui, George Clooney, yang ikut serta dalam percakapan virtual dengan Obama merupakan aktor yang blakblakan mengkritik Trump. Ia dikenal sebagai Aktor yang cukup aktif dalam dunia aktivisme. 

Pada Juni, misalnya Clooney menyumbangkan 500.000 dolar AS untuk Equal Justice Initiative, sebuah organisasi nirlaba yang memberikan perwakilan hukum kepada para tahanan yang dituduh bersalah terhadap kejahatan yang tidak dilakukan. Personanya tentu punya andil besar terhadap pemenangan Biden.