Soal Rakernas PDIP, Puan Maharani: Akan Bicara Masalah Penting Salah Satunya Calon Potensial
Puan Maharani/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada hari ini, Selasa, 21 Juni hingga Kamis, 23 Juni. Nantinya, dalam kegiatan ini ada sejumlah hal yang akan dibahas termasuk nama calon potensial yang bakal diusung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Bisa aja. Rakernas partai pemenang pemilu, partai yang saat ini punya kursi cukup pastinya akan bicara juga terkait dengan masalah-masalah penting untuk bangsa dan negara," kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta yang dikutip Selasa, 21 Juni.

"Salah satunya ya nama-nama, mungkin calon-calon orang-orang yang dianggap punya potensi untuk maju di 2024," imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan nama calon yang akan diusung di Pilpres 2024 sudah ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hanya saja, pengumumannya masih menunggu momentum yang tepat.

"Nama-nama (capres, red) itu ada di Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau terus mempertimbangkan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Senin, 20 Juni.

"Tetapi sekali lagi, skala prioritas saat ini adalah bekerja ke bawah membantu rakyat dan kerjasama dalam pengertian mengusung calon presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada momentum yang tepat," ujar Hasto.

Begitu juga dengan penjajakan koalisi, kata Hasto, hal ini juga menunggu momentum yang tepat. Tapi, komunikasi dengan partai lain tetap dilakukan.

"Kami terus membangun komunikasi dengan para ketua umum partai sehingga kesamaan terhadap platform dan kerjasama dalam rangka Pilpres itu ujung-ujungnya kan pada penetapan calon. Dan itulah nanti kita lihat momentum yang tepat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, rangkaian acara Rakernas berlangsung Senin malam, 20 Juni yang diawali dengan proses registrasi. Selain itu, akan dilaksanakan Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air serta Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq, Jakarta.

Sementara saat Rakernas, DPP DPIP membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok. Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta. Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.