Kawasan Monas Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini, Pengunjung yang Mau Masuk Wajib Gunakan PeduliLindungi
Photo by Rifki Kurniawan on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Unit Pengelola Teknis Monumen Nasional (UPT Monas) Muhammad Isa Sanuri menyebut saat ini kawasan Monas telah dibuka untuk uji coba secara terbatas. Kawasan Monas yang boleh dikunjungi masyarakat adalah silang Monas dan taman di dalam kawasan.

"Sementara ini yang dibuka baru kawasan. Waktunya juga dibatasi mulai dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore," kata Isa saat dihubungi, Kamis, 16 Juni.

Sementara, masyarakat belum bisa memasuki Tugu Monas karena masih ditutup untuk umum. Isa menyebut dalam waktu dekat Tugu Monas akan kembali dibuka.

Saat memasuki kawasan Monas, Isa menyebut pengunjung harus sudah melakukan vaksinasi sebanyak dua dosis. Setiap orang yang masuk ke kawasan Monas juga harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Setiap orang masuk pakai PeduliLindungi, kemudian pengukur suhu. Lalu, ada kerja sama juga dengan Dinas Kesehatan, dibuatkan booth vaksin. Jadi, buat yang belum vaksin, sudah disediakan sama dinkes masyarakat vaksin di pintu masuk," tutur Isa.

Dalam uji coba pembukaan kawasan Monas ini, Isa menyebut akses masuk dan keluar pengunjung hanya berada di area selatan, tepatnya di pintu masuk Lenggang Jakarta.

Sejak pandemi COVID-19 mulai melanda sampai saat ini, Pemprov DKI Jakarta menutup kawasan Monas untuk umum. Sementara, kini Jakarta telah menerapkan PPKM Level 1 seiring dengan kasus COVID-19 yang semakin terkendali.

Wacana kembali dibukanya Monas untuk umum sempat disinggung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno beberapa waktu lalu. Sandi mengaku pihaknya telah meminta Pemprov DKI untuk membuka ikon nasional sebagai tempat wisata masyarakat.

Lalu, kemarin, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza patria memberi kabar bahwa Monumen Nasional (Monas) akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Riza menyebut, warga bisa kembali berwisata di ikon Jakarta tersebut pada pekan ini.

"Monas ini segera akan kita buka dalam waktu dekat. Dalam minggu ini dibuka," ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 15 Juni.