Kabar Baik, Pekan Ini Monas Kembali Dibuka untuk Umum
Ilustrasi Monas di Jakarta Pusat. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza patria memberi kabar bahwa Monumen Nasional (Monas) akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Riza menyebut, warga bisa kembali berwisata di ikon Jakarta tersebut pada pekan ini.

"Monas ini segera akan kita buka dalam waktu dekat. Dalam minggu ini dibuka," ucap Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 15 Juni.

Sejak pandemi COVID-19 mulai melanda sampai saat ini, Pemprov DKI Jakarta menutup kawasan Monas untuk umum. Sementara, kini Jakarta telah menerapkan PPKM Level 1 seiring dengan kasus COVID-19 yang semakin terkendali.

Wacana kembali dibukanya Monas untuk umum sempat disinggung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandi mengaku pihaknya telah meminta Pemprov DKI untuk membuka ikon nasional sebagai tempat wisata masyarakat.

"(Pembukaan) Monas kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Dari kami sudah mengajukan sebelum lebaran (Monas kembali dibuka) karena selain daripada Ancol, TMII, dan Ragunan, Monas ini sudah ditunggu-tunggu. Diharapkan dalam dua pekan ke depan sudah bisa kembali dibuka," kata Sandiaga beberapa waktu lalu.

Menurut Sandiaga, pembukaan kembali Monas bagi wisatawan akan membawa dampak yang besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini memandang, Monas adalah salah satu destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

"Kita punya event-event internasional dan event nasional. Banyak dari mereka yang tertarik datang ke Jakarta, dan Monas ini akan menjadi daya tarik utama. Banyak kegiatan-kegiatan juga yang mau menggunakan Monas sebagai backdrop dari kegiatan tersebut," tuturnya.