Pecah Ban, Truk Kontainer di Tol JORR KM 53+ Cakung Nyaris Terbakar
Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman api yang menyala di truk kontainer/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kepulan asap menyelimuti satu unit truk kontainer yang terbakar di Jalan Tol JORR KM 53+600, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 15 Juni, pagi.

"Jam 02.00 WIB dini hari, ban meledak, dan jam 05.40 WIB, tiba-tiba keluar api dari ban belakang sebelah kiri. Truk melintas dari arah Jati Asih, Kota Bekasi ke arah Tanjung Priok, Jakarta Utara," kata Kasi Ops Sudin Penanggulangan Kebakaran daan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman saat dikonfirmasi, Rabu, 15 Juni.

Gatot mengatakan, truk kontainer bernopol B 9450 UEM itu nyaris hangus lantaran api muncul dari ban belakang bagian kiri, dan merambat dengan cepat.

Diduga penyebab ban truk kontainer bermuatan semen itu terbakar karena mengalami kebocoran. Kemudian terjadi gesekan dengan coran beton jalan sehingga menimbulkan panas lalu mengeluarkan api hingga terbakar.

"Diduga akibat pecah ban dan gesekan beton cor jalan, muncul panas dari ban," ujarnya.

Pihaknya setelah menerima laporan kejadian pukul 06.05 WIB langsung mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran disertai 10 personel guna memadamkan api.

"Awal pemadaman dimulai pukul 06.12 WIB dan berakhir pukul 06.36 WIB," ujarnya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun akibat kebakaran, sejumlah bagian di boks truk kontainer itu hangus. Sementara bagian kabin truk, tidak terbakar.